PT KAI Sediakan 267 Rangkaian Kereta untuk Mudik 2012

Nasional / 14 August 2012

Kalangan Sendiri

PT KAI Sediakan 267 Rangkaian Kereta untuk Mudik 2012

daniel.tanamal Official Writer
2095

Menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyiapkan 32 rangkaian kereta tambahan. Jadi total kereta yang siap beroperasi adalah sebanyak 267 rangkaian. Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun lalu.

Menurut Direktur Sarana PT KAI Rono Pradipto penambahan kereta tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu, karena kereta api kelas apapun, dari ekonomi hingga eksekutif tidak memberikan toleransi pada penumpang tanpa tempat duduk. Jadi pada tahun ini tidak ada lagi penumpang yang berjubel atau berdiri di dalam kereta. Pertimbangan utama kenyamanan dan keselamatan pengguna menjadi alasannya.

"Ada 158.606 tempat duduk yang disediakan bagi pemudik tahun ini. Ini dilakukan supaya tidak ada lagi penumpang yang sampai duduk, tidur, dan berdesakan di sambungan maupun toilet kereta api. Dengan demikian, perjalanan mereka lebih aman dan menyenangkan," kata Rono di Jakarta Kamis lalu (9/8/2012).

Merespon tingginya animo masyarakat dalam menggunakan kereta api sendiri beberap rangkaian kereta api tambahan tersebut diantaranya adalah KA ekonomi AC Tawangjaya Semarang Tawang-Pasar Senen, Jakarta pp, KA Matarmaja AC Malang-Pasar Senen Jakarta pp, dan dua set kereta rel diesel elektrik (KRDE) AC produksi PT INKA Madiun jurusan Tegal-Cirebon-Tanjungpriok pp.

 

 

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami