Rakyat Miskin akan dapatkan HP Gratis pada Hari Kemerdekaan

Nasional / 8 August 2012

Kalangan Sendiri

Rakyat Miskin akan dapatkan HP Gratis pada Hari Kemerdekaan

daniel.tanamal Official Writer
2690

Sebuah langkah terobosan dijalankan oleh Pemerintah India bagi rakyat miskinnya. Pada hari kemerdekaan India yang jatuh pada Rabu depan (15/8/2012), setiap rakyat miskin akan mendapatkan telepon seluler alias handphone alias HP secara gratis!

Dirilis The Times India pada Rabu (8/8/2012) sumber di Kantor Perdana Menteri India menerangkan hal tersebut. selain pirantinya, jeroan HP itu sudah komplet dengan fasilitas menelepon gratis lokal untuk 200 menit. "Ini kebijakan pemerintahan partai Kongres," ungkap sumber dari pemerintahan Perdana Menteri Manmohan Singh itu.

Menurut data dari Partai Kongres yang kini memimpin pemerintahan India dan beraliansi dengan partai-partai sekutunya dalam wadah Aliansi Persatuan Progresif (UPA), kini di India ada 6 juta keluarga di bawah garis kemiskinan. Dana untuk pembelian HP gratis ini adalah berasal dari Dana Pelayanan Kementerian Telekomunikasi India.

Meskipun pemerintah telah menegaskan bahwa HP tersebut hanya untuk kalangan rakyat miskin, namun tetap saja kebijakan itu mendapat kritik pedas dari partai oposisi yang menganggap bahwa kebijakan itu adalah langkah paling putus asa dari UPA untuk mencari perhatian kepada masyarakat.

Sebuah kebijakan dari pemerintah hendaknya memperhitungkan segala macama kemungkinan yang terjadi ketika sebuah kebijakan baru dimunculkan. Pembagian HP gratis ini bisa saja diberikan kepada rakyat dalam rangka rasa syukur atas hari kemerdekaan negara. Namun bukan sebagai semnagat untuk melakukan “suap” agar rakyat kembali memilih wakilnya di pemerintah.

 

 


Sumber : kompas.com - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami