Usain Bolt Manusia Tercepat Olimpiade London 2012

Nasional / 6 August 2012

Kalangan Sendiri

Usain Bolt Manusia Tercepat Olimpiade London 2012

daniel.tanamal Official Writer
3516

Mematahkan segala keraguan yang ada karena dihantui cedera punggung sebelum panggung Olimpiade London 2012, sprinter asal Jamaika Usain Bolt mencatatkan diri menjadi manusia tercepat pada ajang internasional terbesar ini.

Gelar sempurna itu tercetak usai Bolt finish pertama dalam dengan catatan waktu 9.63 detik pada nomor spesialisasinya 100 meter putra Senin (6/8). Meski catatan ini hanya kalah lima detik dari pencapaiannya saat menjadi juara dunia di Berlin, 2009 yang lalu, namun hasil ini merupakan rekor baru untuk jarak 100 meter putra Olimpiade.

Hasil pada final 100 meter putra ini bukan hanya berkah bagi Bolt, namun bagi negaranya Jamaika yang dinobatkan merajai nomor ini karena pelari kedua mereka sekaligus pesaing terberat Bolt, Yohan Blake finis di peringkat kedua dan merengkuh medali perak. Sementara perunggu diraih pelari Amerika Serikat, Justin Gatlin.

Salah satu pelari Jamaika lainnya yang juga mantan pemegang rekor dunia, Asafa Powell harus finis diurutan akhir akibat mengalami sedikit kesalahan pijakan dalam yang membuatnya tercecer diposisi akhir dengan catatan waktu 11.99 detik. Nomor ini memang paling ditunggu-tunggu karena panggung pertempuran bagi beberapa pelari kelas dunia pemegang rekor dunia seperti Yohan Blake, Tsyon Gay dan Justin Gatlin.

Hasil ini sendiri membuat Bolt mengoleksi empat medali emas di ajang Olimpiade. Hasil gemilang sebelumnya diraih pelari berumur 25 tahun ini ketika menciptakan hattrick medali emas di Olimpiade Beijing dari nomor 100 meter, 200 meter, dan 4 x 100 relay putra.

 

 

 

 

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami