Banjir Ambon Akan Diusulkan Jadi Bencana Nasional

Nasional / 2 August 2012

Kalangan Sendiri

Banjir Ambon Akan Diusulkan Jadi Bencana Nasional

daniel.tanamal Official Writer
3109

Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaf menyatakan bahwa musibah banjir besar yang melanda sebagian wilayah pulau Ambon sejak Rabu kemarin, akan segera diusulkan oleh pemerintah provinsi Maluku ke pemerintah pusat sebagai bencana nasional.

Hal ini dikatakannya ketika meninjau lokasi bencana banjir di kawasan Batu Merah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Kamis (2/8/2012) siang. “Kita akan usulkan ke Pemerintah Pusat agar bencana banjir yang terjadi di Pulau Ambon dan sekitarnya dapat dijadikan sebagai bencana nasional,” kata Said.

Menurutnya pengajuan menjadi bencana nasional itu dikarenakan musibah tidak hanya terjadi di Kota Ambon saja. Melainkan di Kabupaten Buru dan dua Kabupaten di Pualu Seram yakni Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat. “Bencana ini tidak hanya terjadi di Ambon, di Pulau Buru dan Pulau Seram juga mengalami hal yang sama,” kata Said.

Situasi di Kota Ambon kini diberitakan masih terisolasi akibat banjir. Kesulitan air bersih, listrik yang masih padam dan bantuan yang masih terlambat bagi korban masih terjadi. Hingga kini menurut BNPB tercatat 8 orang meninggal dunia, 3 orang dalam pencarian, 3 orang luka parah, 2 orang luka ringan. Sementara itu 39 unit rumah rusak berat dan 30 lainnya rusak ringan. Kemudian sebanyak 25 unit rumah terancam longsor dan 1.785 unit rumah terendam banjir.

 

Sumber : kompas.com - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami