Greysia/Meiliana Didiskualifikasi Dari Olimpiade London 2012

Nasional / 2 August 2012

Kalangan Sendiri

Greysia/Meiliana Didiskualifikasi Dari Olimpiade London 2012

Budhi Marpaung Official Writer
3430

Kabar menyedihkan sekaligus memalukan datang dari cabang olahraga bulutangkis Indonesia yang ikut serta dalam ajang Olimpiade London 2012.

Pasangan ganda putri terbaik Indonesia Greysia Polii/Meiliana Jauhari tidak diperkenankan melanjutkan pertandingan di turnamen akbar itu setelah Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation / BWF) menemukan fakta keduanya tidak berusaha bermain di final penyisihan grup yang berlangsung Selasa (31/7).

"BWF memutuskan bahwa keempat pasangan ganda putri telah didiskualifikasi dari cabang bulu tangkis Olimpiade London 2012. Tim Indonesia dan Korea sudah menyatakan banding atas keputusan ini. Keputusan hasil sidang banding ini akan diumumkan beberapa jam ke depan," kata Thomas Lund, Chief Operation Officer (COO) BWF dalam jumpa persnya Rabu siang waktu setempat.

Selain Greysia/Meiliana, BWF juga mendiskualifikasi Wang Xiaoli/Yu Yang (China), Kim Ha Na/Jung Kyung Eun (Korea),  dan Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korea).

Kedelapan pemain tersebut dianggap BWF melanggar code of conduct pasal 4.5 dan 4.16 yaitu 'tidak bersungguh-sungguh untuk berusaha memenangkan pertandingan' dan 'bertingkahlaku menghina dan merusak reputasi bulu tangkis'.

Berita terkini, tim Indonesia telah mencabut banding terhadap keputusan BWF yang mendiskualifikasi Greysia Polii/Meiliana Jauhari dari ajang Olimpiade London 2012.

Dengan begitu berarti kesempatan Indonesia meraih medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis kini hanya tinggal bertumpu kepada ganda campuran Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir yang sudah lolos ke semifinal dan ganda putra Bona Septano-Mohammad Ahsan yang akan bertanding pada perempat final, Kamis (2/8).

Agak berat untuk menerima kenyataan bahwa ada atlet-atlet Indonesia yang tersingkir dari sebuah turnamen bukan karena benar-benar kalah, tetapi karena didiskualifikasi. Semoga ini bisa jadi koreksi dan pembelajaran berharga ke depannya bagi para pimpinan dan pengurus organisasi-organisasi induk olahraga serta tentunya para atlet yakni agar tidak bermain-main lagi dengan yang namanya sportivitas. Berharap tidak ada kejadian serupa di masa mendatang.

Baca juga : 

Anggota Kerajaan Inggris Raih Medali Perak di Olimpiade London 2012

Forum JC : Dokumentasi Kopdar + Photo Hunting

Ikutilah Teladanku

Sumber : Kompas.com, republika.co.id / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami