JI Packer: Lihatlah Dosa Dari Sudut Pandang Allah

Internasional / 22 July 2012

Kalangan Sendiri

JI Packer: Lihatlah Dosa Dari Sudut Pandang Allah

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4507

Setiap manusia adalah berdosa, tapi banyak pula yang tidak sadar pengertian dari dosa itu dan betapa buruknya sebuah dosa di hadapan Tuhan. Salah seorang teolog terkenal, JI Packer mencoba menjelaskan tentang hal ini. Menurutnya bahwa hal pertama yang harus dilakukan orang Kristen sejati adalah meminta Tuhan untuk membuatnya sanggup melihat dosa sebagaimana Tuhan melihat dosa.

Setelah kita sadar betapa mengerikannya dosa, barulah kita dapat melihat betapa berharganya kasih karunia. "Jika Bapa melalui Yesus dalam rahmat menunjukkan cinta mereka kepada saya, maka di saat bersamaan Roh Kudus akan menyadarkan saya dari kebiasaan dosa saya,” ungkap penulis berusia 85 tahun itu dalam video di situs Desiring God.

Packer mengingatkan bahwa ada kecenderungan dalam diri manusia untuk terus mengulang dosanya. Hal ini menjadi sebuah kebiasaan negatif, yaitu keinginan untuk menolak semua hal positif dan membangun, atau biasa disebut kemalasan rohani. Namun Packer menambahkan, bahwa hanya Tuhanlah yang dapat membantu manusia untuk keluar dari sirkulasi dosa ini.

“Allah begitu Maha Besar dan luar biasa serta siap membantu. Sedangkan ‘aku lemah’ dan membutuhkan pertolongan-Nya, terutama ketika mencoba untuk mati atas dosa,” jelasnya yang menekankan bahwa orang Kristen penting untuk disiplin dalam berdoa dan mati atas dosa-dosanya.

James Innell (J.I) Packer adalah seorang teolog Kanada yang bertumbuh dalam tradisi Anglikan dan gereja Reformed. Saat ini dia melayani sebagai professor bidang teologia di Regent Collage di Vancouver, Kolombia. Dia juga adalah salah satu teolog paling berpengaruh di Amerika Utara.

Sebagai orang Kristen kita percaya bahwa kematian Kristus di kayu salib telah memberikan kita jalan untuk kembali kepada kekekalan bersama Tuhan. Hal ini harus kita responi dengan positif, yaitu dengan hidup bertanggung jawab dan meminta pertolongan Roh Kudus untuk bisa tahir dari dosa. 

Sumber : christianpost/vina cahyonoputri
Halaman :
1

Ikuti Kami