Ramadhan, Harga Bahan-Bahan Kebutuhan Pokok di Lampung Naik

Nasional / 21 July 2012

Kalangan Sendiri

Ramadhan, Harga Bahan-Bahan Kebutuhan Pokok di Lampung Naik

Budhi Marpaung Official Writer
2462

Seperti sudah menjadi sebuah tren tersendiri, yakni begitu masuk bulan Ramadhan, harga-harga bahan kebutuhan pokok pasti naik dari pada hari biasanya.

Di Lampung, harga daging sapi yang pada Rabu (18/7) masih berkisar Rp 70 ribu hingga Rp 75 ribu rupiah per kilogram, saat Jumat (20/7) ternyata sudah naik ke harga Rp 80 ribu per kilogram. Hal yang sama juga terjadi pada harga telor ayam.

Saat di hari rabu kemarin harga telor ayam Rp 20 ribu per kilogram, namun sehari sebelum hari Ramadhan yang ditetapkan oleh pemerintah, harga telor ayam telah menjadi Rp 24 ribu per kilogram. 

Menanggapi apa yang terjadi ini, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandar Lampung Rustam Efendi menilai kenaikan harga di sejumlah pasar tradisional masih wajar pasalnya angka kenaikan tersebut masih di bawah 10 persen.

Rustam Efendi mengaku pihaknya belum berencana mengadakan operasi pasar dalam waktu dekat. Meski begitu, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan akan tetap mengadakan pasar murah seperti yang sudah berjalan di 13 kecamatan di Bandar Lampung.

Pemerintah pusat dan daerah sepertinya perlu mencari solusi atas kenaikan harga yang terjadi saat ramadhan maupun natal di bulan desember. Pasalnya, jika ini terus menerus bergulir setiap tahun tanpa ada solusi maka sangat mungkin masyarakat akan menyerah untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari yang sudah berada tingkat harga tinggi.

Jika sudah begitu, protes pasti akan terjadi dimana-mana. Oleh sebab itu, selagi masyarakat masih memaklumi kenaikan yang ada segeralah mencari cara bagaimana menstabilkan harga bahan-bahan pokok agar tidak terus merangkak ke atas, bahkan kalau bisa carilah juga cara menurunkan harga bahan-bahan pokok tersebut. Bila ini berhasil dilakukan, pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah tidak hanya akan mendapat pujian, tetapi juga kepercayaan dari seluruh masyarakat.   

Baca juga : 

I Still Believe, Lagu Iman Seorang Jeremy Camp

Dosa yang Tidak Terampunkan

Forum JC : Kopdar Photo Hunting

Khusus Pria - Apakah Ambisi Memang Tidak Alkitabiah ? (Bagian 1)

Sumber : Tempo.Co / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami