Jokowi - Ahok Resmi Menang Pilkada DKI Putaran 1

Nasional / 19 July 2012

Kalangan Sendiri

Jokowi - Ahok Resmi Menang Pilkada DKI Putaran 1

Puji Astuti Official Writer
3736

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU DKI Jakarta yang dilangsungkan pada hari ini, Kamis (19/7), KPU Jakarta menetapkan bahwa pemenang pada Pilkada DKI Jakarta putara pertama ini dimenangkan oleh pasangan no urut tiga, Joko Widodo – Basuki Tjahaja.

Pasangan yang akrab dipanggil Jokowi – Ahok tersebut berhasil meraup suara rakyat sebesar 1.847.157 suara atau sebesar 42,59 persen suara di seluruh wilayah Jakarta. Urutan kedua dipegang oleh pasangan Fauzi Bowo – Nachrowi Ramli dengan pencapaian 1.476.648 suara atau sebesar 34,05 persen.

Sedangkan diurutan ketiga adalah Hidayat Nurwahid – Didik J Rachbini dengan mendapat 508.113 suara, di posisi ke empat adalah pasangan independent Faisal Basri – Biem Benyamin dengan 215.935 suara, diurutan kelima adalah pasangan dari Partai Golkar Alex Noerdin – Nono Sampono dengan 202.643 suara, dan urutan paling akhir adalah pasangan independent Hendarji Soepanji – Riza Patria dengan 85.990 suara.

Sekalipun hasil pilkada DKI Jakarta telah resmi memberi kemenangan pada pasangan Jokowi – Ahok, namun karena pasangan tersebut perolehan suaranya tidak mencapai 50 persen suara maka KPU DKI Jakarta memutuskan akan melangsungkan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua pada 20 September 2012 nanti. Pasangan yang akan berlaga nanti adalah Joko Widodo – Basuki Tjahaja berhadapan dengan Fauzi Bowo – Nachrowi Ramli.

Penentuan nasib ibu kota Jakarta belum selesai, masih ada putaran kedua yang menanti. Jika dalam pilkada DKI Jakarta putaran pertama lalu banyak yang memilih golput, maka di putaran kedua nanti diharapkan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin yang terbaik bagi kota Jakarta. 

Baca juga artikel lainnya :

Sumber : Beritasatu.com| Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami