Indonesia, Singkong Saja Kok Impor Dari China

Nasional / 17 July 2012

Kalangan Sendiri

Indonesia, Singkong Saja Kok Impor Dari China

Puji Astuti Official Writer
4715

Jika jaman Orde Baru dulu mengklaim bahwa Indonesia adalah negeri agraris yang bisa berswasembada pangan, kini malah di jaman reformasi hampir semua komoditas pertanian impor dari luar negeri, bahkan termasuk singkong yang notabene mudah di dapati di pelosok negeri ini.

Mendapati fakta menyedihkan ini, Anggota Komisi IV DPR, Viva Yoga Mauladi mengkritik pemeritah dan menganggap pemerintahan saat ini gagal melindungi para petani Indonesia.

"Masuknya Singkong impor adalah merupakan indikasi  bahwa pemerintah saat ini gagal melindungi kepentingan petani. Pemerintah tidak memiliki political will terhadap pembangunan pertanian," demikian pernyataan Viva Yoga yang dirilis oleh TribunNews.com, Selasa (17/7).

Berdasarkan data yang dimiliki Viva Yoga, pada April –Mei 2012 pemerintah Indonesia telah mengimpor singkong dari Vietnam sebesar 1.342 ton seharga 340 ribu dolar AS. Dalam kurun waktu yang sama bahkan pemerintah mengimpor singkong dari China sebesar 5.057 ton senilai 1,3 juta dolar AS.

Kurang keberpihakan pemerintah terhadap petani bukan hanya dilihat dari segi impor komoditas pertanian dari luar negeri, tetapi juga dari kecilnya anggaran APBN dalam bidang ini yang hanya 1,3 persen.

Jika kondisi seperti ini diteruskan, kedepannya dengan lonjakan jumlah penduduk Indonesia, maka ketahanan pangan negeri ini akan terancam. Pada hal Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merouke kaya dan subur, serta berpotensi menjadi lumbung pangan dunia.

Baca juga artikel lainnya :

Sumber : Tribunnews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami