Jelang Puasa, Gereja Diburu PMI untuk Cari Donor

Internasional / 16 July 2012

Kalangan Sendiri

Jelang Puasa, Gereja Diburu PMI untuk Cari Donor

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3642

Menjelang bulan puasa, Palang Merah Indonesia mulai mencari pendonor darah dari gereja-gereja dan sekolah Kristen. Hal ini untuk menyiasati menurunnya pendonor darah saat bulan puasa yang diprediksi mencapai 30 persen. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Unit Transfusi darah PMI Kota Bandung Dr Wahyu Suryawidjadja dalam jumpa pers Donor Darah Tupperware yang digelar di Mal BIP, Sabtu (14/7/2012).

"Tren donor darah di bulan puasa biasanya menurun. Kalau hari biasa kurang lebih 100 sampai 150 pendonor, kalau puasa bisa turun sekitar 30 persen, hanya 40 sampai 50 labu," ujar Wahyu seperti dikutuip dari detiknews pada Sabtu (14/7).

Menurut Wahyu hal ini dilakukan sebagai bentuk keaktifan PMI. "Untuk mendapatkan pendonor di siang hari, kami akan keliling ke sekolah kristen dan gereja-gereja untuk jemput bola," katanya.

Wahyu mengatakan, kebutuhan darah selama bulan puasa diprediksi datar, tidak naik maupun tidak turun. Namun pihaknya tetap akan selalu siaga untuk mengamankan stok darah. "Tren-nya biasanya datar, kecuali ada kejadian luar biasa," tutupnya.

Setetes darah dapat menyelamatkan hidup orang lain. Karena itu selagi kita memiliki kondisi tubuh yang prima sudah sepantasnya kita menyelamatkan hidup orang lain dengan donor darah. Hal ini dapat menjadi salah satu wujud kasih yang merupakan dasar kekristenan.  

Sumber : detikcom/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami