Lahirnya Orang-Orang Yang Terlalu Rohani

Kata Alkitab / 9 July 2012

Kalangan Sendiri

Lahirnya Orang-Orang Yang Terlalu Rohani

Lestari99 Official Writer
11381

Pengkhotbah  7:16, Janganlah terlalu saleh, janganlah perilakumu terlalu berhikmat, mengapa engkau akan membinasakan dirimu sendiri?

Amsal 11:1, Neraca serong (false balance) adalah kekejian bagi TUHAN.

Filipi 4:5, Hendaklah kebaikan hatimu (moderation-sikap yang tidak berlebih-lebihan) diketahui semua orang.

Tuhan tidak suka kalau kita tidak imbang. Tuhan sudah dekat! Orang-orang Kristen ‘terlalu rohani’ adalah orang-orang yang tidak imbang dalam roh, pikiran dan emosi mereka. Mereka seringkali melakukan sesuatu atas nama Tuhan padahal Tuhan tidak ada dalam apa yang mereka lakukan!

Ada beberapa orang Kristen yang aneh. Kadang-kadang orang-orang tersebut menjadi aneh sekali sehingga tidak ada seorang pun yang bisa memberi nasehat terhadap orang semacam itu. Contohnya seperti yang terdapat dalam 1 Korintus 5:1, mereka melakukan praktek iman yang liar/aneh, yang bahkan tidak ditemukan di antara orang yang tidak percaya. Tuhan menciptakan kita spesial, tapi bukan aneh dan Dia tidak pernah bermaksud untuk mempermalukan kita di depan umum (Filipi 1:27, 2 Timotius 2:15).

Jadi mengapa orang-orang Kristen menjadi tidak seimbang dan terlalu rohani? Bagaimana orang-orang terlalu rohani? ini lahir?

#1 KARENA MEREKA TERLUKA

Orang-orang yang terluka tidak merasa aman, mereka memiliki harga diri yang rendah, cenderung untuk sering mengatakan “Tuhan berbicara kepada saya...” hanya supaya kata-katanya didengar orang lain. Kadang-kadang mereka mengembangkan ‘Martyr syndrome’ seperti Elia - 1 Raja-Raja 19.

#2 KARENA MEREKA TIDAK AMBIL WAKTU UNTUK MEMUNCULKAN BUAH ROH KUDUS

Tidak ada jalan pintas untuk bisa bertumbuh secara rohani. Anda bisa lewat jalan tol, minum kopi instant, teh instant, makan mie instant, tetapi tidak ada pertumbuhan karakter instant, tidak ada jalan pintas untuk menghasilkan buah Roh! Jangan terperangkap untuk terus-menerus mendapatkan mimpi, penglihatan dari sorga ataupun penampakan malaikat. Pengalaman supra alamiah akan datang sekali-sekali, tetapi kalau hal itu tidak terjadi Anda perlu mengembangkan karakter Anda di dalam Tuhan!

#3 KARENA MEREKA MEROHANIKAN SEGALA SESUATU!

Jangan merohanikan segala hal! Kalau Anda melakukan hal tersebut maka Anda akan menjadi orang Kristen yang percaya takhyul. Roh Kudus bukan seorang diktaktor. Dia tidak akan pernah memaksa Anda untuk bertindak aneh. Dia ingin Anda menjadi kesaksian yang positif. Kalau itu hal rohani, Roh Kudus akan berbicara langsung kepada Anda.

#4 KARENA MEREKA TIDAK HIDUP BERDASARKAN IMAN PERJANJIAN BARU

Injil adalah suatu hal yang penuh kuasa tetapi sederhana sekali: pertobatan, iman, Alkitab, Roh Kudus, penyembahan, doa, penginjilan, gereja. Ada banyak godaan untuk kembali ke cara-cara Perjanjian Lama.

Roma 7:6, Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat.

#5 KARENA MEREKA BERTEMAN DENGAN ORANG-ORANG YANG SALAH

1 Yohanes 4:6 menyebutkan ada roh kebenaran dan ada roh yang menyesatkan.

Amsal 27:19 (TLB) Cermin memantulkan bayangan wajah, tetapi keadaan  sebenarnya dari seseorang ditunjukkan oleh teman yang mereka pilih.

Amsal 13:20 Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Memang tidak ada orang yang sempurna tetapi hubungan yang benar akan menolong Anda untuk hidup seperti yang Tuhan kehendaki. Anda harusnya tidak takut nilai-nilai Anda/doktrin Anda dikritik oleh orang-orang yang bisa Anda percayai.

Amsal 27:6 Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah.

#6 KARENA MEREKA TIDAK MAU TUNDUK KEPADA URAPAN DAN OTORITAS DARI PIMPINAN GEREJA LOKAL

Orang-orang Kristen terlalu rohani biasanya akan ‘beredar-edar’ dari satu gereja ke gereja lainnya. Mereka tidak bisa mengalir bersama-sama karena mereka tidak mau tunduk pada otoritas dan urapan pemimpin gereja lokal. Mereka tidak bisa mengalir karena mereka tidak bisa mengendalikan kepemimpinan gereja lokal. Mereka akan suka kalau kita memperhatikan mereka, tetapi mereka tidak mau membayar harga penundukan diri dan ketaatan. Allah mengalir melalui suatu struktur yang Alkitabiah, Allah bukan Allah yang kacau balau! Tidak ada gereja yang sempurna, tetapi kalau Allah membawa Anda ke gereja ini, itu adalah agar Anda bisa menerima sesuatu. Jangan bawa agenda pribadi Anda kalau Anda bergabung dengan suatu gereja (bandingkan dengan KPR 16:16-18 dimana ada perempuan yang memiliki roh tenung yang suka pergi ke tempat sembahyang).

#7 KARENA MEREKA BERUSAHA UNTUK  ‘MEMPRODUKSI’ GERAKAN ROH KUDUS

Anak-anak Skewa (KPR 19:11-16) berusaha untuk memproduksi gerakan Roh Kudus. Tetapi kuasa Tuhan yang sejati hanya akan mengalir melalui hubungan yang sehat dengan Tuhan.

KESIMPULAN: Allah ingin agar Anda menjadi orang yang rohani, mengalir dalam urapan, mempercayai hal-hal supra alamiah. Tetapi jangan melebih-lebihkan, jangan jadi orang aneh dengan semua hal tersebut! Tidak bisa tidak, kita harus seimbang. 

Halaman :
1

Ikuti Kami