Imam Mesjid Al-Fatah : Islam dan Kristen bukan Musuh

Internasional / 7 July 2012

Kalangan Sendiri

Imam Mesjid Al-Fatah : Islam dan Kristen bukan Musuh

daniel.tanamal Official Writer
5928

Wacana toleransi dan kerukunan umat beragama terus diupayakan dan diperjuangkan. Terutama dinegara kawasan barat yang rentan terhadap tindak terorisme, upaya untuk mengkanalisasi tindak seperti perlu disebarkan ke negara lain agar tidak menjadi mata rantai yang menakutkan dan membahayakan.

Hal ini juga ikut diperjuangkan oleh Feisal Abdul Rauf, Imam Mesjid Al-Fatah yang lokasinya dekat di World Trade Center New York Amerika Serikat. “Islam dan Kristen bukan musuh, musuh kita bersama ekstrimis, dan kaum fundamentalis,” ungkapnya saat diskusi ‘Religious Freedom & Religious Tolerance’di Sekolah Tinggi Teologia (STT) Jakarta, Jumat (29/6).

Feisal menegaskan bahwa untuk terus memperjuangkan kebersamaan dan toleransi diantara umat Kristen dan Muslim, komunikasi dialogis perlu dibina dan sering dilakukan. Karena hal itu merupakan jembatan dan tali pemersatu yang hingga saat ini bisa menjadi solusi dan jawaban bagi kedua umat tersebut.

Bahkan menurutnya dialog lintas agama yang sering dilakukan di Indonesia lebih baik dan menjawab kebutuhan dibanding dengan dialog yang diadakan di Amerika. “Perlunya dialog antara lintas agama di Indonesia, di Amerika juga seperti itu meskipun tak sebaik di Indonesia,” ujar Feisal.

Banyak faktor yang membuat perbedaan diantara agama dijadikan alasan untuk berseteru oleh sebagian kelompok. Namun meski sulit untuk mempersatukannya, tetap ada pribadi yang mau duduk bersama untuk bersepakat bahwa kedamaian dan persatuan lebih baik daripada perseteruan yang tidak akan ada habisnya.

 


Sumber : Reformata/PGI
Halaman :
1

Ikuti Kami