Cara Hindari Bahaya Pestisida dari Makanan Anda

Info Sehat / 3 July 2012

Kalangan Sendiri

Cara Hindari Bahaya Pestisida dari Makanan Anda

daniel.tanamal Official Writer
3988

Bahaya buah impor yang sekarang merebak di Indonesia dan membuat pemerintah melakukan penundaan aturan impor hortikultura di empat daerah, membuat masyarakat cemas akan bahan makanan yang tiap harinya dominan untuk mengkonsumsi.

Untuk itulah kita harus pintar untuk memilah dan tanggap terhadap bahaya setiap makanan berjenis sayuran dan buahan. Terlebih penggunaan dan keberadaan pestisida yang kerap merusak kesehatan. Berikut adalah cara  menjauhi pestisida dari konsumsi sayur dan buah non organic.


1. Sayur dan buah dalam kondisi baik.
Perhatikan secara seksama bagaimana kondisi produk bahan makanan yang akan Anda beli. Pilihlah sayur dan buah dalam kondisi mulus. Perlu diketahui, kondisi sayur ataupun buah yang sudah sedikit terbelah, tidak sempurna atau cacat bisa saja menjadi akses masuknya patogen (mikro organisme parasit).

2. Cucilah di bawah air mengalir.
Pemilihan air bersih dan mengalir juga merupakan hal yang penting. Mencuci sayur maupun buah di bawah air mengalir jernih merupakan cara yang paling efektif untuk melunturkan sisa-sisa kandungan kimia selama proses penanaman.

3. Hindari penggunaan sabun.
Pastikan untuk tidak menyertakan sabun jenis apapun saat Anda mencuci bahan makanan. Bukan tanpa sebab, pasalnya dikhawatirkan sabun akan masuk ke dalam pori-pori sayur maupun buah.

4. Buang bagian terluar.
Untuk cara aman lainnya, Anda bisa membuang bagian kulit terluar dari sayuran hijau seperti kol atau selada.
 
5. Alat Bantu.
Untuk bahan makanan yang berasal dari jenis umbi-umbian, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti sikat halus yang digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa tanah yang menempel, meskipun Anda akan mengupasnya terlebih dahulu.

 

 

Sumber : Mediaindonesia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami