Presiden Mesir Inginkan Wanita Kristen Jadi Wakilnya

Nasional / 27 June 2012

Kalangan Sendiri

Presiden Mesir Inginkan Wanita Kristen Jadi Wakilnya

Lois Official Writer
4361

Presiden Mesir yang baru ini membuat terobosan di negaranya. Mohamed Mursi mengukir sejarah dengan menunjuk seorang tokoh perempuan dari golongan Kristen Koptik sebagai wakil presiden. “Untuk pertama kalinya dalam sejarah Mesir, seorang perempuan akan mengambil posisi tersebut,” kata Ahmed al-Deif, penasihat politik Mursi sebagaimana dikutip CNN. Anehnya, sebelum pemilu berlangsung, Mursi dengan tegas melarang perempuan ikut dalam persaingan kursi presiden dan setelah memenangkan pemilu, dia malah berbalik menyatakan akan membela hak perempuan.

Al Deif menambahkan, Mursi dan partainya tidak akan membentuk negara Islam di Mesir. Sikap Mursi, menurutnya, sangat tegas. “Dia telah memberikan jaminan akan memilih negara konstitusional sipil yang berdasarkan pada prinsip menghormati perbedaan suku, keyakinan, dan agama,” katanya.

Selain itu juga, Deif menyatakan bahwa penunjukan wakil presiden perempuan ini tidak hanya untuk mewakili agenda dan kepentingan kaum perempuan dan juga agama tertentu. Tidak akan ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki di Mesir, kecuali berdasarkan konstitusi dan hukum. Mursi merupakan presiden pertama Mesir yang dipilih dalam pemilu demokratis setelah tergulingnya Presiden Husni Mubarak dengan perolehan 13,2 juta suara dari sekitar 26 juta pemilih.

Ini merupakan sinyal positif dari seorang presiden dimana dia tidak menganggap kaum minoritas sebagai kaum yang diabaikan begitu saja. Dia juga membuktikan bahwa wanita juga dapat berperan serta dalam pemerintahan dan kesetaraan antara wanita dan pria itu terjadi di Mesir.

 

Baca Juga :

Jika Hidup Seperti yang Kita Mau

Detoks Pola Hidup, Jadilah Single Bahagia

Bebas dari 11 Kartu Kredit Senilai Rp 100 Juta

Sumber : vivanews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami