Sederet Pola Diet yang Dapat Mem-bullying Tubuh Anda

Fit & Charming / 27 June 2012

Kalangan Sendiri

Sederet Pola Diet yang Dapat Mem-bullying Tubuh Anda

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4345

Impian untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah dambaan setiap orang, hal itu menjadi alasan mereka untuk melakukan diet. Namun jika tidak hati-hati dalam memilih pola diet, hal ini bisa menjadi bentuk bullying terhadap tubuh kita sendiri. Berikut beberapa jenis pola diet yang harus Anda hindari :

Menghindari Karbohidrat secara Berlebihan

Menghindari makanan dengan kandungan karbohidrat adalah salah satu pola diet yang banyak dilakukan, namun sebenarnya hal ini berpengaruh buruk bagi kesehatan kita, karena bagaimanapun juga karbohidrat adalah salah kandungan yang dibutuhkan tubuh untuk diolah menjadi energi. Tanpa karbohidrat, maka tubuh akan mengambil otot sebagai cadangan energi.

Cara mengatasinya : agar tubuh tidak menggunakan otot sebagai cadangan energi, cukupilah kebutuhan karbohidrat tubuh Anda. Karbohidrat kompleks adalah pilihan terbaik untuk membantu menurunkan berat badan Anda dan menjaga tingkat energi Anda.

Jeda Makan Terlalu Lama

Entah sedang menjalankan program diet atau memang tanpa sengaja terlambat makan, yang pasti terlalu lama memberi jeda makan akan berpengaruh buruk pada kesehatan Anda. Jika hal ini terjadi, maka level gula darah Anda akan turun drastis dan tubuh akan memecah otot sebagai sumber energi.

Cara mengatasinya : aturkan jadwal makan Anda dengan baik. Bila perlu, atur alarm pada jam tangan atau ponsel Anda untuk mengingatkan waktu makan tiba.

Menghindari Sodium (garam)

Pola diet dengan menghindari konsumsi sodium biasanya juga banyak dipilih orang. Padahal tubuh masih tetap membutuhkan sodium untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Sodium dalam jumlah cukup berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jika Anda tidak mengkonsumsi sodium sama sekali, tubuh akan mengalami retensi cairan, kram dan kekuatan otot akan menurun.

Cara mengatasinya : konsumsilah sodium untuk diet Anda dalam jumlah cukup, yaitu 500-1000 mg setiap harinya. Perhatikan label gizi pada kemasan makanan Anda dan pilihlah makanan yang diolah dengan takaran sodium yang baik.

Diet Ramuan Ajaib

Ada sebuah jenis diet dimana pasien disarankan untuk mengkonsumsi satu jenis makanan tertentu, misalnya saja cuka apel untuk bisa mengurangi berat badan secara drastis. Padahal menurut Dr. Peeke, salah satu pakar gizi, tidak ada satu jenis makanan apapun yang dapat menurunkan berat badan secara instan. “Hadapi sajalah, supaya bisa langsing, Anda mesti mengeluarkan keringat dengan berolahraga dan menahan diri untuk tidak makan berlebihan,”ujar Dr.Peeke.

Cara mengatasinya : milikilah motivasi diet yang sehat sehingga Anda dapat menikmati setiap proses penurunan berat badan Anda dan tidak tergiur dengan promosi pola diet instan.

Masih banyak pola diet yang merupakan bentuk bullying terhadap tubuh kita. Karena itu kita harus cermat dalam memilih pola yang benar, bila perlu tanyakanlah kepada ahli gizi sebelum memulai sebuah program diet. Intinya, diet yang benar adalah untuk mengejar kesehatan bukan sekedar membentuk tubuh yang ideal.

Baca Juga :

Manny Pacquiao Yakin Rebut Kembali Gelar WBO-nya

Fans Elvis Tolak Pelelangan Kuil Sang Idola

First Christian Church : Penginjilan Harus Disesuaikan Zaman

Bullying Rusak Sistem Imun

Sumber : berbagaisumber/vina cahyonoputri
Halaman :
1

Ikuti Kami