Presiden Malawi Jual Pesawat Kepresidenan Untuk Penghematan

Nasional / 23 June 2012

Kalangan Sendiri

Presiden Malawi Jual Pesawat Kepresidenan Untuk Penghematan

Puji Astuti Official Writer
3862

Jika di awal tahun ini Indonesia heboh karena pemerintah ngotot untuk membeli pesawat kepresidenan dengan alasan agar lebih menghemat biaya, sebaliknya Presiden Malawi Joyce Banda malah menjual pesawat kepresidenan dan juga sejumlah armada mobil dinas pejabat negara Malawi dengan alasan yang sama.

Alasan Joyce Banda sepertinya lebih masuk akal, karena kebijakan tersebut dibuat oleh presiden wanita pertama Malawi tersebut untuk menunjukkan kepada rakyatnya bahwa pemerintah ada berdampingan dengan mereka dalam menghadapi krisis yang sedang merongrong negeri tersebut. Sebelumnya, krisis telah membuat pemerintah memotong nilai mata uang Malawi sebesar 40 persen, mata uang negara Malawi adalah Kwacha. Kebijakan negara yang berada di tengah benua Afrika tersebut dibuat untuk memenuhi syarat agar IMF mau mengucurkan bantuannya.

"Fakta bahwa kami harus mendevaluasi sebesar 40% mata uang kami, membuat Malawi merasa shock. Sementara yang terjadi, mereka perlu melihat, bahwa kita, berkomitmen melewati ini bersama dengan rakyat, secara berdampingan," demikian ungkap Joyce Banda seperti dikutip oleh CNN, Jumat (22/6).

"Saya ingin mengirimkan pesan kepada rakyat Malawi yang miskin, bahwa kita bisa melakukan ini bersama-sama," demikian tegas Banda.

Selain menjual beberapa asset milik pemerintah seperti pesawat dan kendaraan bermotor, pemerintah Malawi juga menyiapkan beberapa strategi sebagai agenda reformasi ekonomi, diantaranya yaitu melakukan difersifikasi pertanian, pengembangan sector pariwisata, dan sector pertambangan. Menurut Joyce, jika hal tersebut berhasil maka Malawi akan berhasil keluar dari ketergantungan dana bantuan, ia pun optimis bahwa negaranya dan rakyatnya siap untuk hal tersebut.

Para pemimpin bangsa sudah seharusnya pro-rakyat, bukan hanya dalam perkataan dan janji-janji saja, tetapi seperti Presiden Malawi dan jajarannya yang siap berkorban dan berjuang bersama rakyat untuk memakmurkan negaranya. Semoga hal ini dapat menjadi inspirasi dan bahan mawas diri bagi para pemimpin negeri ini.

Baca juga artikel lainnya :

Sumber : TribunNews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami