SBY Miliki Komitmen Tinggi Selesaikan Masalah Papua

Nasional / 19 June 2012

Kalangan Sendiri

SBY Miliki Komitmen Tinggi Selesaikan Masalah Papua

daniel.tanamal Official Writer
3775

Kisruh di Papua yang terus menerus terjadi tentu menimbulkan pertanyaan tersendiri bagi masyarakat. Kemanakah pemerintah selama ini? Mengapa selalu terjadi konflik di Papua. Jika akarnya telah terdeteksi, adakah ada solusinya? Hal inilah yang dijawab oleh Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah, Velix Wanggai.

“Berulang kali, Presiden SBY selalu memberikan direktif kepada Kementerian/Lembaga, termasuk TNI/Polri untuk mengelola Papua dengan hati, tidak berpikir business as usual, perlu terobosan, dan bahkan thinking outside the box,” ungkap Velix dirilis Tribun, Jakarta, Senin (18/6), yang menjelaskan bahwa Presiden SBY meliki komitmen tinggi dalam mengelola tanah Papua.

Dirinya juga mengatakan bahwa salah satu komitmen utama SBY sejak 2004 lalu hingga saat ini adalah “Papua, Tanah Damai” atau “Papua, Land of Peace”. Menurutnya kesimpulan dari komitmen itu adalah pendekatan damai, dialog, dan bermartabat dalam pengelolaan Papua.

“Setiap langkah-langkah Pemerintah diikhtiarkan untuk wujudkan Papua Tanah Damai.  ’Perdamaian melalui Pembangunan’ (peace through development) menjadi pedoman utama bagi Pemerintah. Papua Tanah Damai, tidaklah tugas pemerintah saja, namun hal ini sebagai tugas kolektif kita semua. Disinilah, komunikasi konstruktif bagi Papua diletakkan, yakni komunikasi menuju Papua Tanah Damai,” ungkapnya.

Terakhir dirinya juga menjelaskan bahwa Presiden sangat menjunjung setiap anak bangsa di tanah Papua untuk bebas berekspresi sebagaimana amanat dan tuntutan konstitusi 1945. Namun, ditambahkan bahwa sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, Presiden SBY juga mengemban sumpah untuk menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kita pun menyadari bersama bahwa pemerintah sudah pasti memiliki langkah solutif ataupun komitmen utama dalam penyelesaian Papua. Namun pertanyaannya, sudahkan hal itu dilakukan?, atau hanya sekedar wacana saja. Rakyat Papua sangat membutuhkan lebih daripada janji-janji dan komitmen yang tiada kongkretnya. Saat ini nyawa mereka terancam oleh kepentingan kelompok yang bermain disana. Sudah saatnya pemerintah mau mementingkan nyawa anak bangsa sendiri dibanding dengan kepentingan lainnya.

 


Sumber : kompas.com - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami