Tari Tor Tor Diklaim Malaysia?

Nasional / 16 June 2012

Kalangan Sendiri

Tari Tor Tor Diklaim Malaysia?

Lestari99 Official Writer
6408

Malaysia lagi-lagi berniat mengklaim budaya Indonesia sebagai salah satu warisan budaya mereka. Kali ini yang akan diklaim Malaysia adalah Tari Tor-tor dan alat musik Gondang Sambilan (Sembilan Gendang). Mereka beralasan hal ini dilakukan untuk membuka wawasan warga negara tersebut akan asal-usul mereka dan juga penting dilakukan untuk memperjuangkan seni dan budaya masyarakat Mandailing.

Dalam pemberitaan melalui kantor berita Bernama di Malaysia, disebutkan bahwa Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Datuk Seri Rais Yatim berencana untuk mendaftarkan kedua budaya yang berasal dari Sumatera Utara itu dalam Seksyen 67 Akta Warisan Kebangsaan 2005.

Dalam acara peresmian Perhimpunan Anak-Anak Mandailing di Kuala lumpur, Rais mengatakan, “Tetapi (pengiktirafan ini) dengan syarat, pertunjukan berkala mesti ditunjukkan, bermakna tarian mestilah ditunjukkan, paluan gendang dipelbagaikan dalam pertunjukan di khalayak ramai.” sebagaimana dilansir situs Bernama, Kamis (14/6).

Mandailing sendiri merupakan salah satu suku di Sumatera Utara, Indonesia. Masyarakat suku ini mengenal Tari Tor-tor sebagai salah satu bagian dalam upacara-upacara adat untuk menghormati para leluhur.

Menyikapi hal ini seharusnya pemerintah Indonesia malu. Bagaimana negara tetangga kita Malaysia terlihat begitu menghargai seni dan budaya melayu yang notabene banyak di antaranya asli Indonesia. Jika selama ini kita hanya melihat Malaysia sebagai negara ‘plagiat’, ada baiknya jika saat ini Indonesia berkaca untuk lebih menghargai dan menggalakkan budaya dalam negeri yang sesungguhnya sangat berharga untuk dijaga dan dilestarikan. Jangan sampai klaim-klaim Malaysa yang selalu menjadi ‘alarm’ bahaya bagi kita untuk melek budaya dan mencintai budaya sendiri.

 

Baca Juga:

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami