SBY Kepada Menko Polhukam : Atasi Masalah di Papua

Nasional / 12 June 2012

Kalangan Sendiri

SBY Kepada Menko Polhukam : Atasi Masalah di Papua

Lois Official Writer
3435

Mengatasi permasalahan di Papua, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono angkat bicara. Dia meminta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Djoko Suyanto, agar meneliti dan menelaah secara terinci penyebab beberapa aksi kekerasan yang terjadi di Papua, termasuk penembakan warga sipil yang terjadi belakangan ini.

“Sebelum berangkat, saya berangkat Saudara bisa laksanakan semua upaya atasi apa yang terjadi di Papua. Pelajari apakah ada aspek politik atau sosial yang kemudian mengalir ke aspek keamanan, aspek lokal. Kalau kita tahu penyebab, maka penyelesaiannya bisa tepat,” kata SBY dalam pengantar rapat terbatas bidang Polhukam di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (12/6).

Presiden juga meminta agar penjelasan pun diberikan kepada pers internasional sehingga tidak ada bias. Selain itu, SBY juga menegaskan bahwa pendekatan yang dilakukan pemerintah yaitu menggunakan pendekatan kesejahteraan. Jika ada upaya separatis, maka hal itu tetap merupakan pelanggaran hukum dan karena itu, hukum yang berlaku pun harus ditegakkan, demikian jelas Presiden.

Konflik di Papua dapat semakin memanas ataupun semakin terselesaikan, semuanya sangat tergantung dari pihak-pihak yang terkait. Kita adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga setiap daerah perlu mendapat perhatian agar mereka pun dapat menerima kesejahteraan yang sama seperti di kota-kota besar.

 

Baca Juga :

Punya Kekurangan Sejak Kecil

Melani Soebono : Saya Percaya Indonesia Rumah Kita

Gara-Gara Mendengarkan Suara Tuhan

Sumber : antaranews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami