Inilah Empat Kota Besar Terbersih 2012 di Indonesia

Nasional / 5 June 2012

Kalangan Sendiri

Inilah Empat Kota Besar Terbersih 2012 di Indonesia

daniel.tanamal Official Writer
6930

Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada hari ini Selasa 5 Juni, empat kota di Indonesia ditetapkan sebagai Kota Besar Terbersih. Empat kota besar tersebut berhak menerima penghargaan Adipura 2012 oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Penghargaan sendiri akan diberikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kota besar yang akan mendapat penghargaan itu adalah Malang, Balikpapan, Manado, dan Yogyakarta. Keempat kota ini memenuhi beberapa kriteria utama, seperti pengolahan sampah dengan penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle), pengendalian pencemaran air, penghijauan dan koordinasi antarsektor yang melibatkan peran aktif masyarakat.

Salah satu yang memberikan pernyataan terkait penghargaan ini adalah Kepala Bidang Keindahan Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono. Dirinya menjelaskan mengenai pengelolaan lingkungan hidup di Yogyakarta. Perubahan pola pikir masyarakat untuk menjaga lingkungan terus dilakukan.

"Pengelolaan sampah, ruang terbuka hijau, pengelolaan air, dan udara memang masih perlu dievaluasi lagi. Namun, yang menjadi target utama saat ini justru kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan," kata Agus.

Selain menjadi salah satu Kota Besar Terbersih, wilayah kerajaan keraton ini juga mendapat nilai terbaik untuk kategori Terminal Terbaik Terbersih dan Pasar Terbaik Terbersih. Agus menambahkan bahwa ada beberapa kesadaran masyarakat yang terus dibiasakan. Seperti pemilahan sampah, tidak merokok di sembarang tempat, menjaga kualitas air dan penghijauan.

Menjaga lingkungan hidup adalah salah satu ketaatan terhadap anugerah besar Tuhan yang menciptakan alam dan seisinya. Terkadang sebuah penghargaan dan kompetisi seperti Adipura memang memacu pemerintah kota untuk berlomba-lomba meraih prestasi. Namun dampak positifnya, lingkungan terjaga dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan terjamin.

Sumber : Tribunnews - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami