Ernie Brown, Bocah Penakluk 100 Tumor Mata

Serba-Serbi Sehat / 4 June 2012

Kalangan Sendiri

Ernie Brown, Bocah Penakluk 100 Tumor Mata

Budhi Marpaung Official Writer
5396

Jika melihat sepintas, tidak ada yang begitu istimewa dengan Ernie Brown, seorang bocah di Amerika Serikat yang kini masih berusia 4 tahun. Namun, siapa menyangka ternyata dalam umur yang masih sangat muda tersebut, putra dari Lisa (37 tahun) itu sudah berhasil mengalahkan 100 tumor yang ada di matanya.

Seperti dikutip dari detikhealth, Ernie yang ketika itu berusia tiga bulan sudah didiagnosa mengalami retinoblastoma – sebuah penyakit kanker di mata yang biasanya menyerang anak-anak balita.

Mengetahui hal ini, Lisa pun membawa sang buah hatinya ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Saat berumur 9 bulan, mata Ernie di scan. Dari proses tersebut diketahui bahwa sudah banyak tumor yang muncul di matanya, akan tetapi diantara banyak tumor tersebut ternyata ada 13 tumor yang sukses ditaklukannya.

Berjalan waktu,  tumor yang terdapat di mata Ernie semakin banyak. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak mengenakkan, dokter dari Cambridge’s Addenbrooke’s Hospital melaksanakan tindakan 'menjahit' plakat radioaktif ke mata untuk menyerang tumor secara langsung.

Puji Tuhan, hal ini tidak berdampak negatif kepada pasien. Perlahan tapi pasti sambil tetap terus mengikuti perawatan intensif seperti laser dan kemotrapi, indera penglihatan Ernie berangsur-angsur pulih.

Hari-hari ini, bahaya tumor tak lagi menjadi persoalan besar bagi Lisa dan putranya.  Ernie sekarang sudah bebas untuk meraih cita-citanya sebagai pengemudi kereta api.

Untuk diketahui, Retinoblastoma merupakan penyakit turunan yang artinya jadi jika ada seorang yang pernah terkena maka kemungkinan besar anggota keluarganya yang lain pun akan terkena juga. Retinoblastoma ini paling sering terjadi pada anak usia tahun pertama. 

Baca juga : 

GKI Yasmin Ada di Pidato Hasyim Muzadi 

Photo Hunting

Concert Launching "Positive Life" - The Messenger

Sumber : detik health / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami