9 Warga Miskin Buta Setelah Operasi Katarak

Nasional / 30 May 2012

Kalangan Sendiri

9 Warga Miskin Buta Setelah Operasi Katarak

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3780

Saat usia semakin lanjut, banyak orang yang mengalami katarak sehingga mengganggu aktifitas mereka. Operasi adalah salah satu jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut, namun hal malang harus dialami sembilan orang warga India ini. Alih-alih kembali bisa melihat normal, tiga hari setelah operasi berlangsung mereka justru kehilangan penglihatan mereka.

Sembilan warga India yang berasal dari keluarga miskin tersebut menjalani operasi di negara bagian Andhra Pradesh, India Selatan. Akibat peristiwa itu pemerintah langsung melakukan penyelidikan. 

"Polisi sedang menyelidiki peristiwa itu setelah korban menduga mereka kehilangan penglihatan mereka akibat ketidakpedulian dokter dan administrasi rumah sakit di Kota Kecil Ongole," kata seorang pejabat senior kepolisian, sebagaimana dikutip Xinhua, Senin. 

Namun para dokter rumah sakit membela tindakan operasi mereka dan mengatakan para korban kehilangan penglihatan bukan karena diabaikan oleh petugas medis, melainkan disebabkan oleh retina yang sudah rusak parah. "Kami menunggu pemeriksaan selesai sebelum memutuskan tindakan yang akan dilakukan," kata pejabat polisi itu.

Seringkali status sosial menjadi alasan untuk melakukan deskriminasi. Padahal baik miskin ataupun kaya, kita semua sama dihadapan Tuhan. Semoga penyelidikan bisa segera diselesaikan dan terbukti apakah pihak rumah sakit melakukan pembedaan tindakan medis atau tidak terhadap warga miskin. 

Sumber : antaranews/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami