Setelah Lulus, 50 Persen Siswa SMA Terancam Menganggur

Nasional / 25 May 2012

Kalangan Sendiri

Setelah Lulus, 50 Persen Siswa SMA Terancam Menganggur

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4963

Pengumuman kelulusan siswa SMA akan digelar serentak pada Sabtu, 26 Mei 2012. Angka kelulusan tahun ini mencapai 99,50 persen. Namun yang menjadi ironi, Dinas Pendidikan Provinsi Banten memperkirakan lebih dari separuh siswa tamatan SMA yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tersebut akan menganggur.

Masalah ini timbul akibat daya serap dunia kerja yang minim dan ketidaksiapan siswa berwirausaha. ”Saya menduga yang tidak melanjutkan kuliah dan tidak terserap dunia kerja atau berwirausaha sekitar 50-60 persen dari 108.000 siswa yang akan diumumkan kelulusannya sebentar lagi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina, seperti dikutip dari laman kompas, pada Jumat (24/5).

Menurut Hudaya, perusahaan tidak bisa disalahkan karena tidak menerima lulusan SMA akibat kompetensinya yang kurang. Hal ini dikarenakan pendidikan yang diberikan sampai jenjang SMA memang belum membuat mereka siap untuk berwirausaha.  ”Ke depan kami akan memastikan bahwa sejak SD anak-anak harus mulai dikenalkan dengan kewirausahaan,” tambah Hudaya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Banten, jumlah penduduk yang tidak bekerja di Provinsi Banten pada Februari 2012 tercatat 579.677 orang. Jumlah penganggur di Banten turun dibandingkan Februari 2011, yaitu 697.083 orang.

Sangat disayangkan jika setelah pengumuman kelulusan diberikan, para siswa yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi harus menghadapi kenyataan bahwa lapangan kerja untuk mereka hanyalah sedikit. Pemerintah harus prihatin atas kondisi ini dan segera mencari jalan keluar dengan mempersiapkan

Sumber : kompasnews,detik/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami