Ratu Elizabeth II Rayakan 60 Tahun Bertahta

Nasional / 18 May 2012

Kalangan Sendiri

Ratu Elizabeth II Rayakan 60 Tahun Bertahta

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3759

Sepanjang sejarah Inggris, tidak banyak Ratu yang bisa merayakan perayaan Pesta Berlian masa kerjanya. Selain Ratu Elizabeth II yang saat ini bertahtah, perayaan Pesta Berlian sebelumnya juga dilakukan oleh Ratu Victoria tahun 1897.

Puncak Pesta Intan ini adalah parade seribu perahu yang akan menjejali Sungai Thames, di London, pada Minggu 3 Juni 2012. Acara puncak ”seribu perahu di Thames” ini akan menjadi armada kapal terbesar yang pernah terlihat di sungai besar yang membelah ibu kota Inggris ini.

Selain acara “seribu perahu”, juga ada serangkaian acara lainnya yang akan diselenggarakan pada 2-5 Juni, dalam rangka memperingati 60 tahun ratu naik takhta. Situs resmi perayaan Sang Ratu mengungkapkan, selain pesta jamuan bagi tamu-tamu negara, Jumat (18/5) ini juga akan diselenggarakan berbagai konser musik yang dihadiri Sang Ratu. Salah satunya digelar di Istana Buckingham, 4 Juni, dan akan ditayangkan di layar raksasa yang dipasang di taman terkenal Hyde Park, St James' Park, serta The Mall di London.

Salah satu acara untuk memperingati Pesta Intan adalah pameran foto sang ratu yang telah digelar sejak sepekan lalu. Tak hanya potret berbagai wajah anggun Sang Ratu, tetapi juga foto kontroversial sampul album rekaman grup musik punk dari Inggris, Sex Pistols (1977), yang sempat ”diberangus” di Inggris.

Diberitakan sebelumnya, dalam sampul albumnya berjudul God Save the Queen—judul lagu kebangsaan Inggris—dipampangkan wajah ayu Sang Ratu yang matanya ditutup perban hitam, dengan tulisan kolase: God Save the Queen. Sementara itu, mulutnya juga diplakban hitam dengan tulisan Sex Pistols.

”Foto ini masih tetap menjadi kontroversi sampai kini,” ungkap Paul Moorhouse, kurator pameran foto ”Sang Ratu, Antara Seni dan Citra” yang menampilkan 60 wajah Ratu Elizabeth, seperti dikutip AFP.



Sumber : kompas/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami