Warga Yunani Ramai-Ramai Tarik Simpanan Mereka

Nasional / 16 May 2012

Kalangan Sendiri

Warga Yunani Ramai-Ramai Tarik Simpanan Mereka

Lois Official Writer
3470

Warga Yunani mulai ramai-ramai menarik simpanan mereka dari bank saat para elit politik belum juga membuat kesepakatan membentuk pemerintahan baru. Masalahnya, sebagian publik di Yunani rupanya sudah termakan isu bahwa negara mereka sewaktu-waktu bisa terdepak keluar dari kelompok negara pengguna mata uang euro sehingga bisa terjadi devaluasi atas dana yang mereka simpan di bank. Padahal, baik pejabat negara maupun kalangan pejabat keuangan Uni Eropa menepis kekuatiran keluarnya Yunani dari zona euro tersebut.

Menurut kantor berita Reuters, Bank Sentral Yunani sudah memantau derasnya penarikan simpanan nasabah dari berbagai bank nasional. Gubernur Bank Sentral, George Provopoulos mengungkapkan bahwa para nasabah berbagai bank sudah menarik simpanan mereka sedikitnya 700 juta euro (US$894 juta) atau sekitar Rp 8 triliun pada Senin (14/5) lalu.

Sumber-sumber anonym dari dua bank Yunani kepada Reuters mengungkapkan bahwa penarikan massal secara besar-besaran juga kembali terjadi pada hari Selasa (15/5) dalam jumlah yang relatif sama dari hari sebelumnya. Sampai saat ini, presiden Yunani sendiri, Karolos Papoulias, tengah mati-matian menggalang kompromi para pemimpin partai politik untuk membentuk pemerintahan baru.

Seorang eksekutif perbankan mengungkapkan bahwa peristiwa serupa pernah terjadi pada April 2010. Saat itu, masyarakat menarik dana hingga sebesar 8 miliar euro sebelum pemerintah Yunani menerima pinjaman darurat (bailout) tahap pertama dari Uni Eropa dan IMF.

Negara sama seperti seorang individu. Jika terlalu banyak berhutang, maka saat ada hal sedikit yang mengguncang keuangan, maka akan menjadi goyah. Marilah kita mengatur keuangan dengan baik sehingga kita tidak berhutang tapi malah menjadi berkat buat orang lain.

 

Baca Juga :

Aku Pergi Menangkap Ikan

Saksikan Live Streaming WPA 2012 di Jawaban.com

Anak Kami Bertahan Hidup dengan Jantung Berlubang

Sumber : vivanews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami