Jadi Atlet 5 Cabang Olahraga, Kini Ambar Jadi Konsultan

Nasional / 13 May 2012

Kalangan Sendiri

Jadi Atlet 5 Cabang Olahraga, Kini Ambar Jadi Konsultan

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
8080

Hobinya membaca profile para atlet berprestasi dari dalam dan luar negri, membuatnya jatuh cinta dan memutuskan untuk menggeluti dunia olahraga. Rina Ambar Dewanti pun membuktikan keseriusannya pada pilihannya ini dengan menjadi atlet dari lima cabang olahraga yaitu bola voli, taekwondo, sepakbola, hoki dan futsal.

Walau menggeluti banyak cabang olahraga, prestasi Ambar tidak sembarangan. Dia pernah menjadi perwakilan Indonesia dalam turnamen Asian Champion Volley Ball di Thailand pada 1989 yang merupakan kali pertamanya Ambar pergi ke luar negri. Bahkan pada saat upacara pembukaan, dirinyalah yang dipercaya untuk memegang bendera merah putih. Sambil meneteskan air mata, hal itu mengingatkan Ambar pada kisah-kisah sukses para atlet yang waktu kecil menjadi pujaannya, bahwa kerja keras dan kedisiplinan akan membawa mereka pada prestasi.

“Saya buktikan sendiri, dengan kerja keras dan disiplin saya mampu menggeluti banyak cabang olahraga dan dipercaya membela Indonesia dalam berbagai iven internasional,” ujar wanita yang telah mengunjungi dua puluh Negara di dunia karena pretasinya di bidang olahraga, seperti dikutip dari padangexpress, pada Minggu (22/4).

Tidak hanya di atas lapangan, prestasi Ambar pun juga terbukti di atas kertas dengan diraihnya gelar S2 di bidang olahraga. Wanita berusia 38 tahun ini baru pensiun sebagai atlet pada 2005 dengan prestasi terakhirnya sebagai kapten tim Asian Champion Womens Soccer in Vietnam tahun 2003.

Pensiun sebagai atlet tidak lantas membuatnya jauh dari lapangan, kini Ambar dipercaya sebagai pelatih sekaligus konsultan fisik bagi para pelatih dan atlet utusan Sumatera Barat yang akan berlaga pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) XVIII di Riau, September mendatang.

 

Sumber : padangexpress/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami