Klise, Rh Jual Ginjal Untuk Penuhi Kebutuhan Keluarga

Nasional / 10 May 2012

Kalangan Sendiri

Klise, Rh Jual Ginjal Untuk Penuhi Kebutuhan Keluarga

Lois Official Writer
4502

Tren menjual organ untuk memenuhi kebutuhan hidup sepertinya makin marak terjadi di Indonesia. Hal ini pun dilakukan oleh Rh, gadis yang berusia 20 tahun. Dia rela menjual ginjalnya agar kebutuhan hidup keluarganya terpenuhi. “Saya terpaksa menawarkan organ tubuh saya untuk dijual melalui media internet dengan harga Rp 500 juta hingga 600 juta. Ini saya lakukan untuk menolong keluarga saya,” kata warga Jalan Karya Tani, Pontianak, Selasa (8/5).

Sebagai anak sulung, dia harus memutar otak untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Semenjak tamat dari SMA, Rh sudah harus memikul beban berat untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarganya itu. Rh bekerja keras setelah ayahnya diberhentikan dari salah satu perusahaan di Pontianak. Ia pun harus membesarkan keempat adiknya.

“Saya juga bingung mau kerja apalagi, ayah saya sekarang hanya bekerja sebagai buruh kasar di sebuah toko sembako dengan penghasilan minim, upah per hari Rp 3000, sedangkan ibu saya hanya sebagai ibu rumah tangga yang sering sakit-sakitan,” katanya.

Keputusan untuk menjual ginjalnya, dia lakukan setelah dia banyak mendengar dari orang-orang sekitar yang membicarakan tentang penjualan organ tubuh dengan harga ratusan juta rupiah. Namun, rencananya ini tidak pernah diberitahukannya kepada orangtuanya karena pasti tidak diijinkan. Dia bahkan mengatakan hal yang tidak lumrah itu juga banyak dilakukan orang lain yang berada di sekitarnya.

Kemiskinan memang seringkali menjadi penyebab utama dalam berbagai kehidupan manusia. Ada yang menjadi pencuri, ada yang mencari nafkah dengan menjadi PSK, ada yang membunuh, menculik, dan sekarang menjual organ tubuh. Kemiskinan memang perlu menjadi perhatian semua orang, khususnya pemerintah. Tapi, mendapatkan uang yang banyak bukanlah juga tujuan utama kita hidup. Jadi, jangan sampai fokus kita teralihkan oleh masalah yang ada di dunia dan melupakan tujuan utama kita diciptakan.

 

Baca Juga :

Tetap Mampu Bersyukur

Memakai Pedang Perak dan Emas dalam Suatu Hubungan

Memberi dengan Murah Hati (2)

Sumber : tribunnews by loishoriyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami