Guru SD Rela Iuran Agar Murid Bisa Belajar

Nasional / 8 May 2012

Kalangan Sendiri

Guru SD Rela Iuran Agar Murid Bisa Belajar

Lois Official Writer
3483

Sejumlah guru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur rela mengeluarkan uang dari kantong mereka untuk menyewa rumah warga agar anak didik mereka bisa melaksanakan Ujian Nasional (UN). Sekolah mereka tidak bisa ditempati karena rusak akibat diterjang angin puting beliung beberapa bulan lalu dan sampai sekarang belum diperbaiki.

Sekolah memang mendapat bantuan keuangan untuk perbaikan gedung sekolah dari pemerintah, namun karena SDN Daramista 3 belum memiliki pemimpin baru sejak kepala sekolah sebelumnya pensiun, bantuan belum bisa dicairkan. Bahkan dana BOS sudah empat bulan tidak cair.

Sejak saat itu, para guru SDN Daramista 3 sepakat mengumpulkan uang untuk menyewa rumah warga setempat agar proses belajar mengajar bisa dilaksanakan termasuk Ujian Nasional. Masing-masing guru menyumbang Rp 200 ribu. Ada sembilan guru yang mengajar di sekolah itu. Mereka pun sepakat tidak membebankan biaya tersebut kepada orangtua murid. Anak-anak tetap gratis bersekolah. Sementara itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep belum bisa dikonfirmasi terkait kasus ini.

Para guru di SDN Daramista 3 ini adalah contoh yang disebut sebagai guru tanpa pamrih. Bukan hanya itu, mereka rela mengorbankan uang pribadi agar murid-murid dapat terus belajar. Pendidikan, baik formal ataupun tidak sekalipun, menjadi alat yang ampuh untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas tinggi.

 

Baca Juga :

Mengapa Ada Alergi?

Heaven Is So Real, Ingatkan Lita Pada Ibu

Teliti dan Cermat Memilih Pengasuh Anak

Sumber : okezone by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami