Harga Minyak Dunia Turun, Pembatasan BBM Tetap Jalan

Nasional / 8 May 2012

Kalangan Sendiri

Harga Minyak Dunia Turun, Pembatasan BBM Tetap Jalan

Puji Astuti Official Writer
4282

Kabar turunnya harga minyak dunia tentu sangat melegakan bagi masyarakat. Karena sebelumnya berita yang beredar, pemerintah akan melakukan pembatasan BBM atau menaikkan harganya jika harga minyak dunia terus merangkak naik.

Tetapi sekalipun harga minyak yang sebelumnya pada bulan April 127,96 dolar per barel telah turun menjadi 90 dolar per barel, pemerintah tetap berencana akan melakukan pengendalian penggunaan BBM.

”Kalau harganya terus menurun, kita bersyukur artinya beban fiskal kita tidak terlalu berat,” demikian ungkap Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Senin (7/5) yang dikutip oleh Berita Satu.

Tetapi menurut Hatta, Indonesia jangan lengah dulu. “Sudahlah ICP harganya US$90 per barel. Jangan begitu, bagaimanapun mindset kita harus mengurangi penggunaan BBM. Berapapun harga ICP, kita harus berpikir jangka panjang yaitu dengan menggunakan teknologi yang hemat bahan bakar,” tegasnya.

Namun upaya penghematan ini akan dimulai dari pemerintah terlebih dahulu, yaitu operasional pemerintah yang berupa kendaraan dinas pemerintah tidak boleh menggunakan BBM bersubsidi, konversi BBM ke BBG, perusahan tambang dan perkebunan dilarang menggunakan BBM, dan PLN tidak lagi menggunakan pembangkit listrik yang bertenaga BBM serta penghematan listrik dan air di instansi pemerintah. Hal ini akan dituangkan dalam keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik pada bulan Mei ini.

Jika memang pembatasan BBM dimulai dari pemerintah dahulu, maka hal ini patut diacungi jempol. Karena keteladanan adalah sebuah cara efektif untuk membuat perubahan. Jadi mari dukung pembatasan BBM ini, sehingga Indonesia kedepannya akan mandiri dalam energi yang terbaharukan.

Baca juga artikel lainnya :

Gereja Harus Lebih Banyak Suarakan Yesus

Tetap Mampu Bersyukur

Mencari Cinta yang Tidak Murahan Tapi Tinggi Harganya

Mengapa Ada Alergi?

Sumber : Beritasatu.com| Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami