Daftar Perguruan Tinggi Paling Banyak Cetak Milyarder

Nasional / 5 May 2012

Kalangan Sendiri

Daftar Perguruan Tinggi Paling Banyak Cetak Milyarder

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4496

Memang tidak semua milayarder itu merasakan duduk di bangku kuliah, ada beberapa dari mereka yang sukses tanpa menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi, salah satunya alm. Steve Jobs. Tapi berdasarkan survey yang dilakukan Skandia atas 549 jutawan dan multi-jutawan di Inggris, di mana sebesar 65 persen dari mereka pernah kuliah di universitas. Ada kesamaan almamater mereka yang mungkin bisa Anda jadikan referensi untuk bisa mencicipi kesuksesan mereka.

University of London

Universitas ini menghasilkan jutawan paling banyak di Inggris. Sebanyak 10,9 persen jutawan Inggris pernah kuliah di University of London. Kampus federasi ini terdiri dari 19 perguruan tinggi otonom, 10 perguruan tinggi yang fokus pada penelitian, dan sebuah komunitas dengan 120 ribu mahasiswa.
Salah satu kampus yang ada di bawah naungan University of London adalah University College London (UCL). Jutawan yang merupakan penulis sukses, Kent Follet adalah lulusan UCL.
Di UCL, dia belajar filsafat dan sempat bekerja sebagai wartawan dengan upah rendah di London Evening News. Pada masa 70-an, penulis asal Wales ini menulis 10 buku thriller yang tidak berhasil di pasaran. Namun kondisi berubah setelah dia mengubah gaya penulisan. Bukunya berjudul Eye of the Needle berhasil menggebrak pasar dan kemudian dibuat menjadi film.

University of Oxford

University of Oxford merupakan universitas terbaik kelima di dunia versi peringkat QS World University Rankings pada 2011. Kampus ini menghasilkan 7,8 persen jutawan di Inggris.
Universitas tertua yang menggunakan bahasa Inggris ini menghasilkan penulis, pemikir, ilmuwan, dan pengusaha sukses termasuk pemodal Nat Rothschild.

University of Cambridge

Cambridge merupakan universitas terbaik di dunia versi QS World University Rangkings periode 2011-2012. Sebesar 5,5 persen lulusan kampus ini menjadi jutawan di dunia yang pernah kuliah di universitas. Di antara daftar jutawan lulusan Cambridge, terselip beberapa pekerja di bidang media dan seni, termasuk Stephen Fry. Dia lulus setelah mengambil jurusan Sastra Inggris. Dua tahun setelah lulus, Fry menjadi jutawan setelah sukses menulis ulang karya musikal, Me dan My Girl.

University of Leeds

University of Leeds merupakan salah satu kampus terbesar di Inggris. Leeds menghasilkan 3,9 persen jutawan. Salah satu lulusan Leeds yang berhasil menjadi jutawan adalah musisi dari band rock Dire Straits, Mark Knopfler.

University of Manchester

University of Manchester memiliki hampir 40 ribu mahasiswa. Kampus ini menghasilkan 3,5 persen jutawan di Inggris. Selain itu, pengajar dan mantan pengajar kampus ini telah menghasilkan 25 pemenang Hadiah Nobel.

University of St Andrews

Universitas ini dikenal karena hubungannya dengan Kerajaan Inggris dan sebagai universitas tertua di Skotlandia. Kampus ini menghasilkan 3,5 persen jutawan.

University of Birmingham

University of Birmingham merupakan almamater dari 2,7 persen jutawan di Inggris. Salah satu lulusan kampus ini yang menjadi jutawan adalah Chris Tarrant. Pembawa acara Who Wants To Be A Millionaire yang disiarkan di negeri Inggris ini mengambil jurusan Sastra Inggris. Tarrant diperkirakan memiliki kekayaan 20 juta poundsterling (Rp283,5 miliar) berkat pekerjaan menjaidi voice over iklan televisi dan penampilan di radio serta televisi.

Pendidikan memang bukan segala-galanya, tapi dengan pendidikan seseorang bisa memperoleh segalanya termasuk menjadi milyarder. Yang juga tidak boleh dilupakan adalah peran Tuhan, karena tanpa Tuhan sekalipun kita memiliki gelar dan kekayaan yang berlimpah kita tidak akan sejahtera.

 

Sumber : kompas/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami