Karyawan Pabrik iPad Ancam Bunuh Diri Massal

Nasional / 2 May 2012

Kalangan Sendiri

Karyawan Pabrik iPad Ancam Bunuh Diri Massal

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
5217

Kisah menyedihkan dibalik perakitan gadget merk Apple masih saja berlanjut. Kini para pekerja tersebut bahkan mengancam bunuh diri dengan meloncat dari atap gedung untuk menuntut peningkatan kesejahteraan mereka, masih banyak pekerja yang terindikasi belum puas dengan kondisi pabrik dan tekanan pekerjaan yang terlampau berat.

Demonstrasi dilakukan di kota Wuhan, China, di salah satu bangunan pabrik milik Foxconn. Menurut lembaga Information Centre for Human Rights, sekitar 200 pekerja mengikuti aksi tersebut dari total sekitar 2 juta pekerja.

Menurut Information Centre for Human Rights, para pekerja Foxconn melancarkan aksi protes karena mereka dipindahkan ke pabrik lain dengan gaji lebih rendah. Masalah gaji yang tidak sesuai dengan beban kerja memang sering jadi sengketa antara Foxconn dengan para pekerjanya.

Apple sendiri disorot karena dinilai kurang peduli dengan nasib para pekerja tersebut, yang berperan besar dalam kesuksesan mereka. Beberapa waktu lampau, CEO Apple Tim Cook mengklaim pihaknya prihatin dengan isu seputar Foxconn dan berjanji mencari solusi. "Kami memperhatikan setiap pekerja di jalur distribusi kami di seluruh dunia. Setiap insiden mengganggu kami dan setiap isu tentang kondisi kerja menimbulkan keprihatinan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, dalam lima tahun terakhir sudah ada 17 pekerja Foxconn yang nekad bunuh diri karena tidak kuat menanggung tekanan kerja. Pada November tahun lalu 300 pekerja Foxconn juga pernah melakukan ancaman bunuh diri massal.

Sistem pengupahan dan pemberian kesejahteraan bagi para buruh haruslah terus ditingkatkan seiring dengan meningkatnya kebutuhan hidup masyarakat. Namun demikian, bunuh diri bukanlah jalan keluar untuk permasalahan apapun.

Baca Juga Artikel :

Seperti Musik Jazz

Vatikan: Jangan Membenci Para Teroris

Vatikan Kecam Pentahbisan Uskup Di Cina

Sumber : detiknews/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami