Positif, Otopsi Ulang TKI Tunjukkan Organ Vital Hilang

Positif, Otopsi Ulang TKI Tunjukkan Organ Vital Hilang

Lestari99 Official Writer
5317

Kecurigaan keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), terbukti sudah. Otopsi ulang yang dilakukan terhadap jasad Herman yang dilakukan tim dokter forensik Rumah Sakit Bhayangkara Polda Nusa Tenggara Barat, Kamis (26/4), menunjukkan sejumlah organ vital Herman memang hilang. Organ tubuh yang hilang tersebut adalah mata, otak, jantung dan ginjal.

Rustam, salah seorang keluarga Herman yang mengikuti proses otopsi mengatakan isi kepala Herman diganti dengan daging. Ia tidak tahu daging apa yang dimasukkan ke dalam kepala Herman. Keterangan Rustam diperkuat oleh Rupeni, ayah dari Abdul Kadir Zailani.

Otosi dilakukan di lokasi pemakaman Herman dan Abdul Kadir Zailani di Dusun Pancor Kopong, Desa Pringgasela, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Proses otopsi terhadap Herman telah selesai dilakukan dan jasadnya telah lembali dimakamkan. Sementara sampai berita ini diturunkan sebagaimana dilansir Kompas.Com, tim dokter masih melakukan proses otopsi terhadap jasad Abdul Kadir Zailani.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak berwenang. Kepolisian akan memberikan keterangan resmi setelah seluruh proses otopsi pada ketiga jenazah TKI, yaitu Herman, Abdul Kadir Zailani dan Mad Noor, selesai dilakukan besok (27/4). Hal ini diungkapkan oleh Kepala Polda NTB Brigjen (Pol) Arif Wachyunadi.

Jika kasus pengambilan organ TKI Indonesia dari Malaysia ini sungguh-sungguh terbukti, pemerintah Indonesia sangat diharapkan untuk mengambil tindakan tegas. Karena praktik ini tidak hanya sekedar melecehkan harkat dan martabat bangsa tapi juga menyimpang dari perikemanusiaan dan hak asasi manusia. Membawa kasus ini ke dunia internasional mungkin dapat menjadi pertimbangan pemerintah di bawah kepemimpinan SBY.

 

Baca Juga:

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami