Bentrok Antara HKBP Filadelfia dan Warga Tertangkap Kamera Video

Internasional / 22 April 2012

Kalangan Sendiri

Bentrok Antara HKBP Filadelfia dan Warga Tertangkap Kamera Video

Budhi Marpaung Official Writer
7896

Konflik antara jemaat gereja dan warga di Bekasi yang terekam di video dan diposting online Kamis (21/4), menunjukkan warga menolak keras upaya gereja untuk beribadah di rumah ibadah mereka sendiri.

Video yang diupload oleh Ferry Putra di Vimeo tersebut dimulai dengan jemaat Filadelfia dari Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) bersiap-siap untuk berbaris menuju gereja yang terletak di desa Jejalen Jaya di Tambun Utara, Bekasi, Minggu (15/4).

Mereka berencana untuk mengadakan ibadah di trotoar di depan gereja mereka yang disegel, yang oleh hukum diizinkan untuk digunakan.

Melihat kedatangan jemaat HKBP Filadelfia, sejumlah warga dengan cepat memblokade langkah mereka dan mendesak agar jemaat Filadelfia membubarkan diri. Akan tetapi jemaat bersikeras maju, dan bentrokan pun hampir saja terjadi. Beruntung saat itu, polisi dan pejabat datang tepat waktu.

Para pejabat mengatakan kepada Pendeta Palti Panjaitan untuk menahan jemaatnya di kantor kecamatan setempat, tetapi permintaan ini ditolak dengan alasan lokasi itu terlalu jauh dengan gedung ibadah mereka.

Melihat keadaan tetap buntu, Jemaat HKBP Filadelfia akhirnya mengadakan ibadah di jalan, dengan sejumlah warga mencoba untuk mengganggu dengan menjalankan sepeda motor dan menyalakan musik keras.

Pada satu bagian rekaman video terlihat seorang pria yang berteriak, "Palti Panjaitan, Anda mati! Jika Anda mencoba datang kembali".

Sebagaimana diketahui, persoalan yang dihadapi jemaat HKBP Filadelfia bermula dari penolakan massa terhadap pembangunan gereja HKBP Filadelfia. Setelah beberapa kali berpindah tempat,jemaat tersebut akhirnya mendapat persetujuan warga disertai sertifikat hak milik Kabupaten Bekasi pada Juni 2007. 

Namun izin tersebut disambut demonstrasi warga saat ibadah natal 2009. Bupati Bekasi bahkan secara resmi melarang pendirian gereja pada 3 Januari 2010. 

Penolakan warga yang berbuah diskriminasi tersebut terus berlanjut meski PTUN Bandung telah memerintahkan Pemkab Bekasi untuk mencabut pelarangan pendirian tempat dan kegiatan ibadah HKBP Filadelfia. 

Sebagai sesama orang percaya, adalah tugas kita untuk mendoakan jemaat HKBP Filadelfia di Tambun, Bekasi. Marilah kita bersama membawa hal ini kepada Tuhan agar apa yang menjadi persoalan mereka saat ini dapat diselesaikan dengan baik - sesuai dengan kehendak-Nya.

Baca juga: 

Wanita di Mata Tuhan

Dokumentasi Kopdar April 2012

Inilah Bahasa Asing yang Akan Menunjang Karir Anda

Sumber : thejakartaglobe.com, vimeo, jawaban.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami