Siswa Tunarungu Dapatkan Materi Ujian Nasional Listening

Nasional / 16 April 2012

Kalangan Sendiri

Siswa Tunarungu Dapatkan Materi Ujian Nasional Listening

Lestari99 Official Writer
3623

Ujian Nasional (UN) bagi siswa tingkat SMA telah dimulai sejak Senin (16/4). Bagi SMA Luar Biasa (SMALB)-B (penderita tunarungu) Widya Bhakti Semarang, jadwal UN mereka tak beda dengan jadwal SMA lainnya, yang meliputi Bahasa Indonesia di hari pertama, Bahasa Inggris di hari kedua dan Matematika di hari ketiga. Terdapat empat siswa dari SMALB-B yang mengikuti UN di tahun ini, di antaranya seorang siswa perempuan dengan usia rata-rata 20 tahun.

Dari segi materi, Kepala Sekolah SMALB-B Widya Bhakti Sri Umbarwati mengakui ada perbedaan dengan SMA biasa, meskipun beberapa di antaranya mirip. Hanya saja pihak sekolah menyayangkan adanya materi ‘listening’ untuk ujian Bahasa Inggris yang didapatkan dari pihak Dinas Pendidikan Kota Semarang. Otomatis pihak sekolah tidak akan memberikan materi tersebut kepada para siswanya yang mengikuti UN karena tidak sesuai.

“Padahal sebelumnya sudah saya sampaikan kalau siswa saya ini tuna rungu, namun kok materinya malah diberi kaset listening untuk pelajaran Bahasa Inggris ketika materinya saya ambil kemarin,” ungkapnya Senin (16/4) sebagaimana dilansir Kompas.

Pihak sekolah mengharapkan adanya perhatian khusus dari Dinas Pendidikan bagi sekolah-sekolah khusus semacam ini. Karena kekeliruan seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Dua tahun yang lalu kunci jawaban ujian SDLB-B disamakan dengan SD biasa. Otomatis nilai anak-anak didik di sekolah ini rendah. Setelah dicek, ternyata lembar jawaban yang diberikan keliru.

Kekeliruan seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi. Perhatian serius dari pihak terkait dalam pembagian dan pendistribusian materi UN diharapkan dapat meminimalisir bahkan meniadakan terjadinya kekeliruan-kekeliruan ini.

 

Baca Juga:

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami