Umat Kristen Ortodoks Baru Rayakan Paskah 15 April

Internasional / 13 April 2012

Kalangan Sendiri

Umat Kristen Ortodoks Baru Rayakan Paskah 15 April

Puji Astuti Official Writer
5007

Jika umat Kristen Prostestan dan Katolik telah merayakan Paskah pada hari Minggu, 8 April 2012 lalu, umat Kristen Koptik ternyata merayakannya pada tanggal 15 April 2012 nanti. Ratusan umat Kristen Orthodoks di Yunani dan juga 300 juta lainnya di seluruh penjuru dunia merayakan Jumat Agung tepat di hari Jumat (13/4) ini.

Menurut pernyataan Eminence Metropolitan Nicholas dari Orthodoks Yunani Metropolis, perayaan dilangsungkan berdasarkan keputusan dekrit Dewan Ekumenis Pertama di Nicea, Asia Kecil yang dilakukan pada 325 AD. Keputusan tersebut menentukan Paskah berdasarkan perhitungan vernal equinox dan fase bulan.

Prosesi yang dijalani oleh umat Orthodoks Yunani dimulai dengan perayaan Kamis Putih pada tanggal 12 April lalu, kemudian Jumat Agung pada tanggal 13 dimana akan ada misa dan prosesi yang menggambarkan penguburan Yesus. Kemudian pada Sabtu malam diadakan ibadah pra Paskah dimulai pukul 11 malam untuk merayakan kebangkitan Kristus. Telur paskah berwarna merah bagi umat Kristen Orthodoks Yunani menjadi lambang kebangkitan Kristus dan dibagikan kepada seluruh jemaat dan juga pelayan paroki saat makan bersama. Minggu Paskah akan diwarnai pujian kasih dan pembacaan ayat-ayat dalam beberapa bahasa yang menekankan pesan Injil yang universal.

Kapanpun paskah dirayakan, membawa umat untuk mengingat kembali bahwa keselamatan yang diterima tidak dibayar dengan emas perak namun dengan darah yang mahal. Selamat Paskah untuk seluruh umat Kristen Orthodoks.

Sumber : Hometownlife.com
Halaman :
1

Ikuti Kami