Kunjungan Cameron Tunjukkan Indonesia Penting Bagi Inggris

Nasional / 12 April 2012

Kalangan Sendiri

Kunjungan Cameron Tunjukkan Indonesia Penting Bagi Inggris

Lestari99 Official Writer
4503

Perdana Menteri Inggris David Cameron tiba di Jakarta pada Rabu (11/4) di Bandar Udara Halim Perdanakusuma dalam rangkaian lawatannya ke Asia. Ia datang bersama rombongannya yang terdiri dari 40 pengusaha penting, sejumlah kontraktor senjata besar dan sejumlah menteri, termasuk Menteri Perdagangan Lord Green. Ini adalah kunjungan pertamanya ke Indonesia semenjak menjadi perdana menteri di tahun 2010.

Mark Canning selaku Duta Besar Inggris untuk Indonesia mengatakan bahwa kunjungan ini menunjukkan simbol akan pentingnya Indonesia bagi Inggris. Lawatan Cameron ke Asia Tenggara ini membawa misi dagang dari negeri Inggris raya.

“Perdana Menteri ingin menyampakan penghargaannya atas pesatnya pembangunan yang dicapai Indonesia dalam satu dekade terakhir dan bahwa Indonesia kini sangat berarti bagi Inggris,” ungkap Canning kepada wartawan sebagaimana dilansir BBC News.

Cameron menghadiri sejumlah acara terkait pembelian 10 pesawat Airbus senilai US$ 2,5 miliar oleh Garuda di Halim. Agenda kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dengan presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara.

“Perdana Menteri akan berdiskusi dengan Presiden Yudhoyono mengenai peningkatan hubungan kerja sama dengan Indonesia dan kedua negara merasa masih banyak aspek yang bisa ditingkatkan terutama di bidang perdagangan, investasi, pendidikan dan perubahan iklim,” jelas Canning.

Perdana Menteri Inggris dan rombongannya dijamu dalam acara makan malam kenegaraan oleh Presiden Yudhoyono. Di hari Kamis (12/4), Cameron berpidato di Universitas Al Azhar, Jakarta sebelum melanjutkan perjalanannya ke Malaysia.

Hubungan Indonesia dengan Inggris sejatinya telah terjalin sejak dua abad yang lalu saat Sir Thomas Stamford Raffles tiba di Pulau Jawa tahun 1811 dan menetap di kawasan yang kini dikenal dengan Bogor, Jawa Barat. Kekuasaan Inggris sendiri di Indonesia berakhir pada tahun 1816.

Kunjungan David Cameron ke Indonesia menjadi kunjungan pertama setelah kunjungan terakhir diadakan oleh Tony Blair di tahun 2006. Saat itu Blair berdialog dengan para santri di pesantren Darunnajah, Jakarta.

Kunjungan ini paling tidak dapat mengembangkan kerjasama antara Indonesia dan Inggris agar terjalin dengan lebih baik dan lebih erat lagi dalam memajukan perekonomian kedua negara.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami