Gaung Salib Kristus Dari Larantuka Menggema Kepada Dunia

Internasional / 6 April 2012

Kalangan Sendiri

Gaung Salib Kristus Dari Larantuka Menggema Kepada Dunia

Puji Astuti Official Writer
4936

Larantuka, kota kecil di ujung timur Pulau Flores ini tiba-tiba menjadi ramai dengan banyaknya peziarah yang berkunjung untuk menghadiri prosesi Jumat Agung, pada Jumat 6 April 2012. Kota ini bahkan dikenal oleh mancanegara karena tradisi Prosesi Jumat Agung yang diwarikan oleh bangsa Portugis sejak 500 tahun lalu.

"Semua kamar hotel sudah penuh karena para tamu dari luar yang ingin mengikuti proses Jumat Agung sudah memesan kamar sejak Februari lalu. Mereka langsung membayar di muka sehingga para pemilik hotel tidak berani menerima tamu lain," demikian jelas Matutina, Sekretaris Daerah Kabupaten Flores Timur.

Banyak peziarah yang tidak mendapatkan hunian di hotel akhirnya tinggal di rumah-rumah penduduk yang membuka pintu rumahnya untuk tamu Tuhan tersebut tanpa memungut biaya sepeser pun.

Di Jumat Agung tahun ini, dipastikan bahwa Duta Besar Portugal Untuk Indonesia Carlos Manuel Leitao Fronta dan istrinya akan menghadiri prosesi. Selain Duta Besar Portugal, beberapa pejabat negara juga akan hadir, diantaranya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pengestu.

Prosesi Jumat Agung merupakan sebuah momentum untuk mengingat kembali pengorbanan Yesus Kristus bagi manusia. Larantuka sebagai sebuah kota dengan tradisi yang kental dengan warna agama Katolik membawa pesan kasih Kristus itu melalui prosesi yang mereka lestarikan selama ratusan tahun yang gaungnya bukan hanya di Indonesia namun juga dunia.

Sumber : Antaranews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami