Bentrokan Mahasiswa dan Polisi, Pecah di Jakarta Pusat

Nasional / 30 March 2012

Kalangan Sendiri

Bentrokan Mahasiswa dan Polisi, Pecah di Jakarta Pusat

daniel.tanamal Official Writer
3624

Bentrokan antara mahasiswa dan polisi kembali terjadi di Jakarta, Kamis (29/3). Kali ini mahasiswa dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Universitas Persada Indonesia (UPI) YAI yang melakukan unjuk rasa di jalan Diponegoro Jakarta Pusat ricuh dengan aparat kepolisian.

Awalnya para mahasiswa melakukan demonstrasi menolak rencana kenaikan harga BBM, menduduki jalan dan membakar ban sekitar pukul 17.30 WIB. Karena dianggap melakukan penutupan jalan, kepolisian melakukan langkah untuk menghentikan hal tersebut. Kericuhan pun tak dapat terhindarkan lagi setelah salah seorang pengunjuk rasa diamankan pihak keamanan.

Tidak terima kawan mereka ditangkap, mahasiswa menyerbu pihak kepolisian untuk membebaskan rekan mereka. Aksi saling pukul diantara mereka terjadi cukup lama. Kepolisian pun terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan setelah para mahasiswa mengalihkan serangan ke arah pos polisi. Mahasiswa pun membalas tembakan dengan melemparkan batu dan botol untuk menghancurkan kaca di pos polisi tersebut.

Bahkan satu unit mobil Resmob yang diparkir di depan Kantor Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), sekitar 500 meter dari lokasi bentrok, dibakar massa tak dikenal sekitar pukul 20.30 WIB. Terlihat juga 9 truk aparat TNI masuk ke area kosong di dekat RS Carolus sekitar pukul 21.30 WIB. Para jurnalis dan warga sendiri dilarang masuk oleh seorang aparat Brimob ke Jalan Diponegoro dari Jalan Salemba. 

Sempat tersiar kabar bahwa ada satu mahasiswa yang tewas tertembus peluru. Namun belum ada kepastiannya. Namun diberitakan metrotvnews, terdapat dua orang mahasiswa UPI YAI, yang tertembak peluru karet.

Sekitar pukul 22.00, situasi mulai kondusif. Polisi akhirnya memperkenankan kendaraan umum kembali melintasi jalan tersebut. Jalan di sekitar lokasi saat ini masih dipenuhi bekas ban yang terbakar, puing bebatuan, potongan kayu, dan pecahan botol.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami