Michelle Yeoh : Suu Kyi Ajar Dunia Berjuang Tanpa Kekerasan

Michelle Yeoh : Suu Kyi Ajar Dunia Berjuang Tanpa Kekerasan

Lois Official Writer
2488

Sosok seorang pemimpin gerakan pro demokrasi Burma, Aung San Suu Kyi begitu menggema ke seluruh dunia sehingga kehidupannya akan dijadikan film. Film yang berjudul The Lady ini akan diperankan oleh Michelle Yeoh. Kekagumannya akan sosok Suu Kyi yang pernah memenangkan Nobel Perdamaian itu begitu besar sehingga dia rela menurunkan berat badan 9 kilogram agar dapat memerankan Suu Kyi di film itu.

“Saya mengagumi dia karena dia adalah wanita pertama di Asia yang meraih hadiah Nobel. Dia mengajari dunia bagaimana cara memperjuangkan demokrasi tanpa kekerasan,” kata artis asal Malaysia itu. Film ini, menurut Yeoh, begitu menyentuh karena menunjukkan besarnya dukungan dari suami Suu Kyi, Dr. Michael Aris. “Seharusnya film ini diberi judul The Lady and The Gentleman karena kisah cintanya yang dalam,” kata Michelle sambil tertawa.

Film ini merupakan hasil kolaborasi antara Pusat Riset Perubahan Iklim atau Research Center for Climate Change, Universitas Indonesia (RCCC UI), Habibie Center, dan Studio 21. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk mendukung kelangsungan kegiatan The Learning Farm, Yayasan Karang Widya, yaitu sebuah pusat pelatihan pertanian organik untuk para remaja rentan dan anak-anak jalanan yang berlokasi di Cipanas, Jawa Barat.

Saat kekuasaan militer di Myanmar begitu kuat, Suu Kyi berusaha mendobrak dan menyatakan pro terhadap demokrasi. Sampai-sampai dia menjadi tahanan politik karena hal itu. Suu Kyi telah mengambil bagiannya untuk menjadikan negaranya lebih baik. Kita pun dapat melakukan hal yang sama. Mungkin tidak seperti Suu Kyi, tapi sekecil apapun, dapat bermanfaat buat negara kita.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami