Polwan Cantik Jadi Penangkal Jika Demo Anarkis Besok

Nasional / 26 March 2012

Kalangan Sendiri

Polwan Cantik Jadi Penangkal Jika Demo Anarkis Besok

Lois Official Writer
4088

Berbagai langkah telah dilakukan polisi untuk menghindari terjadinya demonstrasi anarkis besok, Selasa (27/3). Selain menyiapkan 22 ribu anggota gabungan TNI dan Polri, kepolisian juga bakal melibatkan polisi wanita (polwan) berparas cantik.

Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Saud Usman Nasution, keberadaan mereka akan sangat membantu mengendalikan massa sehingga bisa mengurangi ketegangan antara demonstran dengan polisi. “Dalam rangka pengamanan unjuk rasa, kami prioritaskan pengamanan dengan tangan kosong, bila perlu kami pasang polwan supaya sejuk,” ungkap Saud di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/3).

“Polwan untuk melakukan pendekatan persuasive kepada massa unjuk rasa. Massa tak hanya dari kaum lelaki, tetapi juga banyak kaum wanita, ibu-ibu, anak perempuan, sampai anak balita sekalipun,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto yang sebelumnya telah memberikan pernyataan.

Pengamanan dalam jumlah besar tersebut dinilai kepolisian tidak terlalu berlebihan. Menurut Saud, lebih baik menyiapkan pengamanan berlebih ketimbang kurang.

Kenaikan BBM memang bisa memicu kenaikan harga lainnya sehingga menimbulkan konflik. Meskipun besok diberitakan akan ada demo besar-besaran, kita tetap berharap demo dapat berlangsung dengan lancar dan aman. Demo mungkin bisa salah satu jalan bagi rakyat Indonesia untuk melakukan protes, tapi jika sudah anarkis, maka demo itu sudah tidak sehat lagi.

Sumber : tribunnews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami