Ini Dia 6 Bakal Calon Gubernur Jakarta

Ini Dia 6 Bakal Calon Gubernur Jakarta

Lestari99 Official Writer
1924

Hingga Senin (19/3) malam, beberapa jam menjelang pendaftaran Pilkada ditutup, sejumlah partai politik baru memastikan calon mereka yang akan diikutsertakan dalam ajang pemilihan gubernur Jakarta ini. Keenam pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta yang akan bertarung dalam Pilkada 2012 adalah:

Hidayat Nur Wahid dan Didik Rachbini. Pasangan ini merupakan utusan dari PKS yang memastikan tidak akan berkoalisi dengan partai lain. Didik Rachbini yang juga seorang pengamat ekonomi tak lain dan tak bukan adalah kader PAN. Namun PKS mengklain bahwa majunya Didik bukan atas nama partai yang selama ini menjadi tempatnya bernaung.

PAN sendiri belum memberikan penjelasan resmi kemana suara partai mereka akan diarahkan mengingat sebelumnya PAN santer dikabarkan akan menyalurkan dukungan pada Fauzi Bowo, calon yang direstui Partai Demokrat.

Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli. Pasangan ini diusung penuh oleh partai Demokrat sekaligus mematahkan spekulasi bahwa Demokrat akan berkoalisi dengan partai unggulan lain dalam Pilkada ini.

Joko Widodo dan Basuki Tjahaja. PDI Perjuangan baru mendaftarkan pasangan ini ke KPU pada Senin (19/3) sore. Kemunculan nama pasangan ini harus melalui debat alot di tingkat pengurus daerah dan pusat. Sempat muncul pemberitaan Jokowi hampir gagal dicalonkan akibat debat internal antara dua pimpinan tertinggi PDIP, yakni Ketua Umum Megawati Sukarnoputri dan suaminya Taufik Kiemas meskipun berita ini disangkal kader PDIP.

Alex Noerdin dan Nono Sampono. Golkar dengan mantap mendaftarkan pasangan ini saat partai lain masih meributkan siapa calon yang akan mereka usung. Meski nama Alex yang yang masih menjabat Gubernur Sumatera Selatan ini kurang dikenal di Jakarta, Golkar semenjak pekan lalu telah mengumumkan namanya sebagai calon gubernur. Calon pasangan dari Golkar ini mendapat dukungan dari PPP dan Partai Damai Sejahtera.

Untuk pertama kalinya, Pilkada DKI Jakarta 2012 akan diramaikan oleh dua kandidat independen. Kedua pasangan independen tersebut adalah: Hendardji Supandji dan Riza Patria serta Faisal Basri dan Biem Benyamin. Kedua pasangan ini sudah mendaftarkan diri ke KPU sejak lama lengkap dengan program kerja yang mereka tawarkan. Hanya saja sampai saat ini kandidat Faisal-Biem nasih terkendala dengan syarat 190 ribu KTP pendukung.

Siapapun kandidat yang maju harus diberi apresiasi. Sebagai warga Jakarta, berikan suara Anda kepada calon terbaik yang Anda tahu untuk perubahan Jakarta dan Indonesia yang lebih baik.

Sumber : bbc

Ikuti Kami