Tingkatkan Kualitas Pendidikan Untuk Berantas Terorisme

Nasional / 17 March 2012

Kalangan Sendiri

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Untuk Berantas Terorisme

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2375

Aksi terorisme makin lama makin mendunia. Menurut mantan Presiden B.J Habibie mengungkapkan, saat ini mereka telah menyalahgunakan proses globalisasi untuk melaksanakan aksi terornya itu.

"Mereka menyalahgunakan proses globalisasi untuk mengembangkan jaringan organisasi kriminal dan teror internasional yang merugikan kualitas ketenteraman, kualitas kesejahteraan, dan kualitas hidup umat manusia," kata Habibie seperti dikutip dari antaranews, pada Jumat (16/3).

Karena itu, untuk memeranginya pun dibutuhkan kerjasama secara global. "Hanya dengan meningkatkan kerja sama internasional atau global dalam memerangi kejahatan dan terorisme, kita dapat mengembangkan dunia yang lebih tenteram, lebih sejahtera, dan lebih damai," ungkap Habibie.

Selain kerjasama global, memberantas terorisme juga harus dilakukan dari sisi nasional, namun tetap tidak bisa dilakukan seperti menghadapi ancaman pertahanan dan keamanan klasik dan konvensional, melainkan lewat pendidikan. "Kualitas pendidikan, pembudayaan, dan lapangan kerja merupakan prasarana antiterorisme yang paling andal," tambah Habibie.

Salah satu negara yang sedang berjuang untuk mengalahkan terorisme adalah Jerman. Duta Besar Jerman untuk Indonesia Norbert Baas menyatakan, pihaknya kini sedang memetakan kembali bentuk terorisme sehingga dapat dicari penanganan yang tepat.

"Kita sedang petakan ulang bentuk terorisme. Kita tak jelas seberapa besar organisasinya. Tak semua teroris tempuh cara militer. Di masa sekarang terorisme bisa dilakukan orang perorang melalui teknologi," kata Bass.

Aksi terorisme adalah musuh perdamaian dunia. Namun, aksi ini sering mengaitkan agama untuk pembenarannya. Dengan meningkatkan kualitas pendidikan, maka seseorang akan memiliki dasar pengetahuan yang baik sehingga tidak mudah menerima berbagai rupa penyesatan. Untuk itu setiap negara harus mempunyai kepedulian yang sama dalam memberantas aksi terorisme ini secepatnya. 

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami