Pertolongan Pertama Jika Mulut tak mau Menutup

Pertolongan Pertama Jika Mulut tak mau Menutup

daniel.tanamal Official Writer
3024

Mengunyah makanan yang besar dan keras, atau membuka mulut terlalu lebar dapat menyebabkan luksasio (pergeseran) pada sendi yang dinamakan Articulatio Tempolare Mandibularis.

Akibat hal itu mulut tidak bisa ditutup kembali. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan ialah, masukan kedua ibu jari tangan kita yang sudah dibalut dengan kain bersih ke dalam mulut.

Letakan masing-masing ibu jari itu di atas rahang kiri kanan. Sementara empat jari masing-masing di sebelah luar pipi. Kemudian tekan ke bawah rahang atau sambil didorongkan ke belakang. Pekerjaan ini harus dikerjakan dengan sangat hati-hati.

Setelah luksasio teratasi biasanya otot-otot pengunyah kadang akan kram. Sehingga mulut tertutup rapat. Hal ini dapat menyebabkan jempol kita akan tergigit. Itulah sebabnya jempol harus dibungkus dengan kain yang bersih dan perlu juga dilindungi lapisan tebal.

Bila dengan cara ini tidak berhasil, penderita bisa dibawa ke rumah sakit. Trismes atau kejang otot mulut ini sering dialami oleh anak-anak akibat panas tinggi, yang disebut step.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami