10 Negara Dengan Harga BBM Termurah di Dunia

Nasional / 15 March 2012

Kalangan Sendiri

10 Negara Dengan Harga BBM Termurah di Dunia

Puji Astuti Official Writer
2400

Indonesia saat ini bergejolak karena pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium, pada hal negara ini sebagai salah satu penghasil minyak bumi dan gas. Herannya, ada 10 negara yang tidak semuanya negara kaya tapi menjual BBM kepada rakyatnya dengan harga yang sangat murah. Berikut adalah daftar ke 10 negara tersebut:

Di urutan pertama di duduki oleh Venezuela, negara yang berada di wilayah Amerika Selatan ini menjual BBM hanya sekitar Rp. 585,-/liter saja. Bikin iri bukan?

Posisi kedua di pegang oleh Turkmenistan yang menjual BBM kepada rakyatnya masih dibawah seribu rupiah, yaitu hanya Rp. 936,- /liter. Posisi ketiga adalah Nigeria, sekalipun kondisi negara ini tidak stabil karena berkecamuk perang saudara, namun harga BBM disini cukup stabil di kisaran harga Rp. 1.170,- / liter.

Posisi ke empat dipegang Iran, negara penghasil minyak yang saat ini tengah menjadi perhatian dunia dan memicu naiknya harga minyak dunia karena program nuklirnya itu. Negara yang dipimpin oleh Presiden Ahmadinejad tersebut menjual BBM di negerinya hanya sekitar Rp. 1.287,-/liter.

Di tempat ke lima adalah Arab Saudi, negara bersemayamnya raja-raja minyak tersebut menjual BBM di kisaran harga Rp.1.404,-/liter. Posisi ke enam diduduki Libya, negara yang baru saja menumbangkan rezim Kadafi tersebut menjual BBM-nya seharga Rp.1.636,-/liter.

Posisi ketujuh adalah Kuwait, dengan harga BBM Rp. 2.457,-/liter. Di susul oleh Qatar di posisi delapan dengan harga BBM Rp. 2.575,-/liter.  Di posisi sembilan ditempati oleh Bahrain, yang menjual harganya 3.159,-/liter. Posisi akhir dengan harga BBM termurah di dunia di pegang oleh Uni Emirat Arab( UEA), sebagai negara pemasok BBM terbesar di dunia negera tersebut menjual BBM kepada rakyatnya dengan harga Rp.4.300,-/liter.

Kondisi APBN Indonesia yang saat ini membengkak yang menurut pemerintah disebabkan oleh kenaikan harga minyak dunia menjadi alasan menaikkan harga BBM, dari sebelumnya Rp.4.500,- menjadi Rp.6.000,-/liter. Dengan kekayaan yang dimiliki Indonesia yang begitu melimpah, sungguh disayangkan negeri ini terus menerus defisit dan dibelit hutang. Apakah defisit ini disebabkan banyaknya korupsi di negeri ini atau negara ini salah urus? Apa pendapat Anda, silahkan beri komentar. 

Sumber : JPNN.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami