Di Tengah Demo BBM, Siswa SMK Ciptakan Alat Penghematnya

Nasional / 15 March 2012

Kalangan Sendiri

Di Tengah Demo BBM, Siswa SMK Ciptakan Alat Penghematnya

Lois Official Writer
3021

Di tengah maraknya demo yang berlangsung di bumi pertiwi ini, dimana orang-orang mengkuatirkan kenaikan BBM yang juga akan mempengaruhi kenaikan harga barang atau jasa lainnya, siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melakukan langkah yang berbeda.

Tidak hanya dapat membuat mobil Esemka, motor, laptop, dan banyak lainnya, siswa SMK di Indonesia dapat menciptakan alat penghemat BBM. Hal ini datang dari SMK Kasatriyan, Kartasura, Sukaharjo. Mereka menamakan alat ini fuel efficient maximal (Femax) yang diklaim bisa berfungsi tanpa mempengaruhi kerja mesin. “Bisa menghemat pemakaian BBM pada sepeda motor dan mobil sampai 35 persen,” kata Kepala Sekolah SMK Kasatriyan, Danang Surawijaya.

Hampir semua bagian dibuat para murid SMK. Alat ini akan dijual dengan harga Rp 300.000 untuk mobil dan Rp 150.000 untuk motor dengan garansi satu tahun. Selain dapat menghemat pemakaian BBM, alat ini juga diklaim dapat menaikkan power sampai dengan 3 pk, tanpa efek samping, mesin lebih halus, dan mampu mengurangi emisi sampai 60 persen.

Di tengah masalah pelik BBM, siswa-siswa SMK mampu memikirkan solusi yang bisa dicapai untuk mengatasi masalah tersebut. Semakin banyak rakyat Indonesia yang lebih memikirkan hal-hal seperti ini, semakin maju Indonesia. Kita tidak hanya bisa melihat masalah yang datang, tapi jadikan masalah itu jadi batu loncatan untuk lebih maju lagi.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami