Pria Korea Baru Siap Menikah Saat Usia 40 Tahun

Nasional / 11 March 2012

Kalangan Sendiri

Pria Korea Baru Siap Menikah Saat Usia 40 Tahun

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
6813

Anda termasuk pengagum pria Korea? Sebuah riset yang dilakuakan oleh Gyeonggido Family and Women's Research Institute, semakin banyak pria di Korea Selatan yang menikah di atas usia 40 tahun. Jumlah ini meningkat empat kali lipat dalam satu dekade ini. Sedangkan untuk perempuan, jumlahnya meningkat dua kali lipat dalam periode yang sama.

Menurut salah satu orang yang terlibat dalam penelitian tersebut, Ahn Tae –yoon, alasan menunda pernikahan adalah karena kondisi keuangan.  "Dengan kata lain, mereka menunda pernikahan karena tingginya biaya membeli rumah, perawatan anak, dan pendidikan mereka," ungkap Ahn seperti dikutip dari tempo, pada Selasa (6/3).

Kim Yi-kum (46), penerbit yang menikah pada usia 42 tahun, mengatakan dia justru merasa nyaman dan bisa bertanggung jawab saat menikah di usia kepala empat.

"Kalau aku menikah pada usia 20-an tahun tanpa tahu apa yang benar-benar ingin aku lakukan, aku mungkin akan lari dari rumah, tidak mampu menanggung beban kerja, dan membesarkan anak-anak. Kebijaksanaan dan pengalaman yang aku peroleh selama bertahun-tahun sebelum menikah benar-benar membantuku mempertahankan pernikahan yang bahagia," ungkap Kim.

Data terakhir dari Biro Statistik Korea menunjukkan bahwa angka perceraian menurun akibat penundaan usia pernikahan ini. Selain itu, statistik juga menunjukkan, pasangan yang lebih tua cenderung lebih puas dengan pernikahan mereka.

Dalam pernikahan, memang dibutuhkan uang, namun itu bukanlah hal yang utama. Kedewasaan dari tiap individu pasangan dalam memahami arti sebuah pernikahan akan membuat masing-masing individu lebih bertanggung jawab dalam pernikahannya. Kedewasaan sendiri tidak bisa ditentukan dari usia, namun dari pola pikir seseorang dalam menghadapi suatu permasalahan hidup.

Sumber : tempo.co
Halaman :
1

Ikuti Kami