Apa yang Harus Dikatakan Pada Anak Saat Usaha Bangkrut?

Parenting / 7 March 2012

Kalangan Sendiri

Apa yang Harus Dikatakan Pada Anak Saat Usaha Bangkrut?

Lois Official Writer
3571

Bangkrut merupakan kata yang menakutkan bagi setiap pengusaha, apalagi jika dia sudah berkeluarga. Banyak pikiran negatif yang berkecamuk di dalam hatinya. Dengan apakah harus bangkit dari keterpurukan itu? Bagaimana cara melunasi hutang? Anak-anak mau diberi makan apa? Di saat-saat seperti inilah orangtua juga perlu memberikan pengertian kepada anak tentang keadaan keluarga sekaligus membuat mereka tahu dan bisa menerima hal itu. Apa saja yang harus dilakukan?

Memasukkan Firman Tuhan dalam hidup mereka

Setiap hari, mulailah untuk memasukkan firman Tuhan ke dalam hidup mereka dengan bersaat teduh keluarga. Baik di saat susah, maupun di saat senang saat teduh tetap harus berjalan. Karena itulah pondasi sebuah keluarga, pondasi yang dilandaskan pada Yesus.

Mengajarkan mereka ketaatan dan menghormati otoritas

Ajarkan mereka bahwa mereka perlu menghormati orang-orang yang lebih tua. Dengan mengembangkan kemauan mereka untuk tunduk pada otoritas kita, kita memasukkan pelan-pelan rasa hormat pada peraturan.

Beritahu mereka tentang kehidupan

Ada kalanya hidup itu naik turun. Sama seperti yang Amsal katakan, ada kalanya harus berdiam diri, ada kalanya harus bicara. Segala sesuatu ada waktunya. Jadi, ajarkan mereka untuk tidak menyerah dalam menghadapi kehidupan.

Ajarkan mereka tentang kedisiplinan

Karena keuangan tidak seperti sebelumnya lagi, kedisiplinan perlu dilakukan. Ada barang-barang yang tidak bisa dibeli sesuka hati seperti dahulunya, ataupun ada biaya-biaya yang tak perlu yang harus dipangkas. Untuk itu, anak perlu diberikan pengertian dan ajarkan mereka untuk disiplin dalam hal apapun, terutama dalam hal penggunaan uang.

Ajar mereka untuk menerima tanggung jawab

Jika sebelumnya mungkin anak-anak tidak pernah disuruh untuk melakukan tugas tertentu, sudah saatnya anak dapat diajarkan. Jika sebelumnya ada pembantu rumah tangga yang melakukan tugas cuci piring, sudah saatnya tugas cuci piring dapat diberikan kepada anak, terutama yang usianya sudah dianggap cukup.

Jangan jemu untuk memberitahu mereka betapa Anda mencintainya

Apapun yang terjadi di dalam keluarga Anda, kondisi keuangan yang morat-marit pun jangan sampai membuat Anda jemu mengatakan cinta kepada buah hati Anda. Dalam keadaan apapun, buat mereka tahu bahwa Anda orangtua yang bisa diandalkan. Dan yang terpenting di atas semuanya itu, kasih Yesus kepada mereka.

Ingat, melalui hal yang buruk di dalam kehidupan keluarga Anda, tidak dapat menggantikan kasih Tuhan yang luar biasa. Mungkin saat ini Anda berada di bawah, tapi percayalah bahwa Tuhan tetap mencukupi semua kebutuhanmu.

Sumber : bible.org/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami