Pakai Sepatu High Heel Bisa Buat Anda Pendek

Nasional / 7 March 2012

Kalangan Sendiri

Pakai Sepatu High Heel Bisa Buat Anda Pendek

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3769

Penggunaan sepatu dengan hak tinggi akan membuat Anda menjadi pendek. Menurut Profesor Marco Narici, yang memimpin penelitian di Manchester Metropolitan University, pengunaan sepatu hak tinggi akan menyebabkan otot-otot betis lama kelamaan akan memendek sekitar 13 persen.

"Perempuan yang memakai hak tinggi hampir setiap hari pasti akan melihat efek yang kronis pada otot-otot betis mereka," ujar Profesor Marco Narici.

Menurutnya saat mengenakan sepatu berhak tinggi, seseorang akan dipaksa berjalan dengan menumpukan badannya pada jari-jari kaki (berjinjit), mengurangi jarak antara pergelangan dan bagian belakang lutut. Dengan demikian, hal ini akan memaksa betis untuk berkontraksi.

Untuk mencegah hal itu terjadi, para penggemar sepatu hak tinggi disarankan untuk rajin melakukan latihan peregangan setelah melepaskan sepatu. Salah satu latihan yang disarankan adalah, meletakkan satu kaki pada anak tangga, dan kaki yang lain pada anak tangga di atasnya, lalu gerakkan tumit ke atas dan ke bawah untuk meregangkan otot-otot betis. Ulangi hingga beberapa kali sampai sampai kaki menjadi rileks.

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, untuk itu kita harus membiasakan pola hidup seimbang.

 

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami