Hasil Uji Emisi Seminggu Lagi, Esemka Pulang ke Solo

Nasional / 27 February 2012

Kalangan Sendiri

Hasil Uji Emisi Seminggu Lagi, Esemka Pulang ke Solo

Lois Official Writer
2250

Perjalanan menuju BPPT Serpong Tangerang diawali pukul 05.20 WIB pagi tadi dan berakhir pukul 14.15 WIB. Esemka mengikuti prosedur uji emisi yang ada, seperti melakukan pendinginan selama kurang lebih 5-6 jam, selain itu menguji hasil gas buang seprti CO, CO2, NOX, dan sebagainya. Hal ini membuat rasa senang terpancar di wajah Walikota Surakarta Joko Widodo dan Wakilnya FX Hadi Rudyatmo.

Esemka yang selama perjalanan menggunakan bahan bakar beroktan 92 harus dikuras diganti dengan oktan 95 saat melakukan uji laik dan uji emisi. Setelah keberhasilan itu, Esemka dibawa pulang kembali ke Solo. “Terima kasih semua, saya harap ini bisa menjadi kendaraan asli Indonesia,” kata Rudy dengan tertawa renyah khas dirinya.

Ketika pulang, Esemka diiringi oleh kendaraan Dishub yang berada di barisan depan, kemudian Esemka berada di tengah. Di barisan belakang ada kendaraan dinas Pemkot Surakarta. Dan barisan paling belakang adalah kendaraan minibus kepegawaian Surakarta. Rasa ingin segera memiliki sertifikat laik jalan dan lulus uji emisi, kian terasa di setiap wajah tim dari Solo ini.

Jika mobil ini berhasil mendapatkan sertifikat tersebut, tentu saja akan diproduksi secara massal. Hal ini tentu akan berdampak besar bagi perkembangan otomotif di negara kita. Dengan bangga kita bisa berkata bahwa generasi muda kitalah yang memproduksi mobil itu. Hal membanggakan yang patut terus dikembangkan.

Sumber : detik/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami