Realita Wanita Pakistan Dalam Saving Face Menangkan Oscar

Realita Wanita Pakistan Dalam Saving Face Menangkan Oscar

Lestari99 Official Writer
3376

Saving Face yang disutradarai Sharmeen Obaid Chinoy menyabet piala Oscar untuk kategori film pendek dokumenter terbaik dalam perhelatan Academy Award ke-84  yang diadakan di Los Angeles, Minggu (26/2).

“Piala ini juga untuk seluruh dokter bedah dan para perempuan Pakistan,” ujar sang sutradara, Sharmeen Obaid Chinoy. Sharmeen mengenakan busana tradisional perempuan Pakistan berwarna coklat keemasan saat memberikan sambutan di podium Oscar.

Film dokumenter ini digarap secara apik oleh Daniel Junge dan Sharmeen Obaid Chinoy. Film ini mengisahkan tentang ahli bedah plastik yang membantu memperbaiki wajah para perempuan Pakistan akibat terkena siraman air keras maupun kekerasan dalam rumah tangga lainnya.

Dengan gelar ini, Saving Face menyingkirkan film nominator lainnya seperti God is the Bigger Elvis dan film tentang bencana tsunami Jepang, The Tsunami and the Cherry Blossom.

Saving Face akan selalu menjadi salah satu film yang membuka mata dunia akan penderitaan para wanita Pakistan yang terperangkap dalam budaya lokal yang kurang melindungi hak-hak wanita.

Sumber : liputan6
Halaman :
1

Ikuti Kami